UNIT K9 SAMAPTA POLDA GORONTALO TERUS ASAH KEMAMPUAN SATWA PELACAK

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id- Polda Gorontalo, Anjing pelacak atau unit K-9 membantu Polisi dalam melaksanakan tugas penyelidikan dan keamanan. Bukan sembarang anjing dipilih untuk menjadi unit K-9, dibutuhkan proses seleksi dan latihan khusus untuk membentuk kemampuan anjing pelacak.

Dalam mengasah kemampuan satwa ini, Unit K-9 Samapta Polda Gorontalo menggelar latihan bagi anjing pelacak yang dilaksanakan di halaman Mapolda Gorontalo.

Bripka Nengah Bawa salah seorang pelatih satwa mengatakan, tugas unit K-9 dibagi menjadi empat jenis yaitu pelacakan narkoba, pelacakan bahan peledak, pelacakan kriminal umum, dan pengendalian masa (Dalmas).

Ia mengatakan, setiap hari unit K-9 dilatih agar kemampuannya tak menurun. Karena tugasnya yang beranekaragam, latihan yang diberikan untuk para anjing pelacak pun tak sama.

“Seperti pada latihan Selasa kemarin, satwa dilakukan latihan penciuman untuk mencari bahan narkotika dengan metode point to point,” kata Nengah

Lanjut Nengah, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih kemampuan satwa dalam mendeteksi bahan narkotika terutama saat melakukan tugas di lapangan.

“Ke depan tantangan tugas akan semakin berat, olehnya kegiatan rutin personel unit satwa dalam membantu tugas pokok kepolisian akan terus ditingkatkan,” pungkasnya.

Penulis : Biri

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x