Kemampuan Dasar Brimob, Peserta Pembinaan Tradisi Latihkan SAR Tali Temali

Rangkaian Pembinaan Tradisi Personil Bintara dan Tamtama Remaja Brimob Ilato jalani latihan salah satu kemampuan dasar Brimob, Search and Rescue yaitu materi Tali temali. Selasa (30/1/2024) siang.

Kemampuan Search and Rescue (SAR) dalam hal ini tali temali merupakan salah satu kemampuan utama yang dapat menunjang dalam pelaksanaan tugas. Seperti halnya ketika Brimob mendapatkan tantangan penanganan Bencana alam, yang memungkinkan dibutuhkannya kemampuan Pencarian dan pertolongan korban. Selain itu mengingat sebagian besar tugas Brimob adalah tugas operasional di lapangan.

Kemampuan dan keterampilan ini tidaklah datang dengan sendirinya, hal ini sejatinya didapatkan dari latihan yang tekun dan diasah secara terus menerus.

Dansatbrimob Polda Gorontalo Kombes Pol Muhammad Ridwan S.I.K. dalam kesempatannya menyampaikan bahwa keterampilan Tali temali sangatlah penting dan membantu dalam menghadapi tantangan tugas Brimob dilapangan.

“Tugas penanganan Bencana alam dan penegakkan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata di Papua misalnya medan yang harus dilalui tidaklah mudah, mulus tanpa rintangan namun juga bisa dilalui dimedan yang tebing. Disitulah nanti kemampuan Search and Rescue ini akan sangat berguna, ” Jelas Dansat.

Selain hal tersebut, hal penting lainnya adalah saat penanganan korban atau rekan yang cidera saat dilapangan, susahnya akses jalan yang menuntut untuk anggota Brimob wajib mahir dalam kemampuan tali temali seperti pembuatan tandu darurat,” tutup Kombes Ridwan.

Penulis : Alex

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x