PEDULI ANAK TERDAMPAK COVD19 DAN BERKEBUTUHAN KHUSUS, POLDA GORONTALO BERI LAYANAN DUKUNGAN PSIKOSOSIAL

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Polda Gorontalo melalui Biro SDM hari Selasa pagi ( 2/11/2021) melaksanakan layanan dukungan Psikososial terhadap anak terdampak Covid19 dan berkebutuhan khusus bertempat di Gedung Misfalah Kota Gorontalo.

Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak dengan melibatkan berbagai pihak seperti TNI, BRI, Kemensos, Himpsi menggunakan mekanisme zoom meeting tersebut dihadiri oleh Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus,SIK.,M.SI.,M.M dan diikuti oleh 52 (lima puluh dua) anak-anak yang kehilangan orang tua akibat terpapar Covid-19 yang berasal dari wilayah Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo serta 30 (tiga puluh) anak-anak berkebutuhan khusus (disabilitas) dari SLBN Kota Gorontalo.

Dalam wawancaranya Kapolda Wiyagus mengatakan masa pandemi Covid 19 yang cukup panjang ditambah dengan banyaknya korban meninggal dunia dari orang-orang terdekat dan tersayang menimbulkan dampak psikologis tidak hanya kepada orang dewasa namun juga terhadap anak-anak .

“Dukungan psikososial ini merupakan upaya kita untuk melindungi anak-anak dari beban pikiran yang berkepanjangan karena telah kehilangan salah satu atau bahkan kedua orang tuanya akibat Covid19, kita dampingi mereka, kita pulihkan kondisi mentalnya sehingga bisa bangkit dan semangat untuk menjalani hidup ke depan labih baik lagi,”kata Wiyagus.

Terhadap anak-anak berkebutuhan khusus, Wiyagus katakan diberikan motivasi agar bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
“Dengan bantuan psikososial dari Psikolog Polda Gorontalo terhadap anak-anak berkebutuhan khusus diharapkan mereka tidak lagi minder dengan kondisinya saat ini, melainkan lebih adaptif dan lebih percaya diri dalam menjalani kehidupan di tengah masyarakat,”Ujar Alumnus Akpol 89 tersebut.

Wiyagus juga mengatakan bahwa terhadap anak-anak yang terdampak Covid19 dan berkebutuhan khusus menjadi tanggung jawab bersama.
“Ini menjadi tanggung jawab kita semua, tidak hanya sekedar ceremonial namun diharapkan bisa berkelanjutan, agar mereka bisa tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang kuat , tangguh dan luar biasa nantinya,”Tutup Wiyagus.

Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono, SIK ditempat terpisah mengatakan bahwa kegiatan psikososial terhadap anak-anak terdampak Covid19 dan berkebutuhan khusus merupakan bukti kepedulian negara terhadap warganya.

“Kehadiran Psikolog Biro SDM dan juga psikolog-psikolog lainnya yang tergabung dalam Himpsi Propinsi Gorontalo memberikan layanan dukungan psikososial terhadap anak-anak terdampak Covid19 dan berkebutuhan khusus adalah wujud negara hadir untuk meningkatkan empati dan kepedulian terhadap anak-anak yang tujuannya membantu memulihkan kondisi psikologis dan sosial anak-anak yg terdampak covid-19 dan anak-anak berkebutuhan khusus agar lebih adaptif serta percaya diri dalam menjalani kehidupan untuk menciptakan Indonesia Tangguh,”kata Wahyu.

Dalam kegiatan hadir pula, Irwasda, Kasrem 133/NWB, Ketua Himpsi Propinsi Gorontalo dan beberapa PJU Polda Gorontalo.

Penulis : WTC

Editor : Heny

Publish : Yd1n

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x