KEPOLISIAN LAYAK DIBERI APRESIASI DALAM MENGAWAL PILKADA TAHUN 2020

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 dimasa pandemi covid 19 ini tidaklah mudah, selain berbeda dari pilkada tahun sebelumnya juga pemerintah dihadapkan pada permasalahan keselamatan masyarakat dan Polri patut di beri apresiasi dalam mengawal pilkada. Dimana hal ini disampaikan akademisi sekaligus dosen universitas Gorontalo Suaib Napir ,S.ip Msi dalam tajuk dialog pilkada damai dan sehat di RRI Gorontalo, Selasa (13/10/2020) .

Suaib mengatakan saat ini ada beberapa negara yang sedang melaksanakan pemilu di dunia diataranya Korea Selatan, amerika serikat bahkan ada negara yang berhasil menaikan partisipasi pemilu meski di masa pandemi covid 19. Keberhasilan itu karena masyarakatnya disiplin dalam protokol kesehatan.

“Yang penting bagaimana membangun kesadaran masyarakat untuk disiplin dan patuh pada protokol kesehatan,” katanya.

Lanjut suaib kebijakan pemerintah melanjutkan pilkada harus disertai dengan sistem yang jelas, maklumat Kapolri kepatuhan terhadap protokol kesehatan harus benar benar dilaksanakan, dalam konteks pilkada dimasa pandemi covid 19 sistem harus dilaksanakan dengan tegas. Kepolisian telah banyak melakukan upaya agar masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan, yang diharapkan juga ada ketegasan dari penyelenggara pemilu agar proses pilkada berjalan dengan aman dan komponen didalamnya harus sehat.

“Mengawal pilkada yang aman dan sehat prinsip yang utama pemilih dan penyelenggara pilkada harus sehat, karena nantinya saat proses ini selesai yang utama adalah penyelenggara selamat dan pemilih juga selemat, tentu tidak mudah harus ada kesadaran masyarakat untuk itu ,” ujar Suaib

Suaib menambahkan para kandidat harus dewasa dalam berpoliitik dengan kondisi saat ini, para paslon harus memikirkan cara lain dalam berkampanye ketika kerumuman di himbau tidak dilakukan, misalnya dengan kampanye berkunjung langsung kerumah rumah warga.

Sementara itu Wakapolres Pohuwato Kompol I Putu Satamanadika yang juga menjadi narasumber pada dialog ini mengatakan sampai dengan tahapan kampanye pada pilkada serentak, saat ini situasi kabupaten Pohuwato masih aman dan kondusif. Pantauan dilapangan para paslon tetap mematuhi protokol kesehatan .
Untuk pelaksanaan pengamanan kampanye Polres Pohuwato telah memploting personil yang dibagi menjadi 4 zona.

“Kami sudah siapkan personil pengamanan setiap zona kampanye masing-masing paslon,” kata Putu.

Lanjut Putu, polres pohuwato terus melakukan koordinasi dengan TNI,penyelenggara pemilu dan berbagai pihak berkaitan dengan kepatuhan protokol kesehatan pada pelaksanaan pilkada di Pohuwato . Pada setiap titik kampanye sudah ada petugas gabungan yang memantau dan memastikan pelaksanaan kampanye dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan
” ada tim gabungan yang sudah di bentuk untuk mematau pelakasanaan protokol kesehatan dalam setiap tahapan pilkada bahkan sudah membentuk tim operasi yustisi bagi pelanggar protokol kesehatan ‘ katanya

Ditempat terpisah Kabid humas Polda Gorontalo Kombes Wahyu Tri Cahyono, SIK mengatakan Dialog ini sebagai bentuk edikasi kepada masyarakat.

“Polri terus melakukan edukasi kepada masyarakat berkaitan dengan kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan pada pilkada dimasa pandemi covid 19,” kata Wahyu.

Penulis : Karsum

Editor : Heri

Publish : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x