POLDA GORONTALO DALAMI LAPORAN PENIPUAN DENGAN MODUS JASA PEMBERANGKATAN UMROH

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Beberapa waktu yang lalu, di Jakarta dihebohkan dengan kasus tarvel perjalanan umroh bermasalah FT yang hingga saat ini masih belum tuntas terkait penanganannya terhadap para jamaah yang menjadi korban . Baru-baru ini Polda Gorontalo (18/11)  menerima laporan kasus serupa yang dialami oleh Arif Abdullah (42) yang menjadi korban penipuan /penggelapan dengan terlapor NR(30) asal Dembe Jaya Kota Utara Kota Gorontalo.

Hal ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono,SIK diruang kerjanya.

“Pada tanggal 18 November lalu kami terima laporan polisi atas dugaan penipuan penggelapan dengan modus jasa pemberangkatan Umroh dengan korban Bapak Arif Abdullah dan terlapornya NR, dimana dari keterangan korban, bahwa terlapor sejak bulan April 2019 menawarkan jasa pemberangkatan umroh kepada pelapor dan jama’ah lainnya melalui travel Muhsinin dan travel umaro dengan biaya sekitar 22.500.000,-/orang.

Selanjutnya, pelapor bersama 59 orang jama’ah lainnya tanggal 4 November diberangkatkan ke Jakarta, tetapi sesampai di Jakarta tidak bisa melanjutkan ke tanah suci , karena terlapor belum membayar perjalanan umroh kepada travel Umaro,”jelas Kabid Humas.

Lanjut Kabid Humas katakan bahwa dari 60 orang jamaah ,yang berangkat hanya 11 orang dengan biaya sendiri.

“Menurut keterangan dari korban/pelapor bahwa dari 60 orang jamaah yang jadi berangkat umroh hanya 11 orang  dengan biaya sendiri difasilitasi oleh travel Umaro sedangkan 49 orang lainnya kembali kembali ke Gorontalo , juga dengan biaya sendiri,”kata mantan Kapolres Bone Bolango tersebut.

“Saat ini  Subdit I Ditreskrium sedang  mendalami kasus ini, dan dari keterangan penyidik, hingga saat ini baru 1(satu) orang yang melapor ke Polda Gorontalo,” ujar Kabid Humas.

Selanjutnya Kabid Humas Wahyu Tri Cahyono mengajak masyarakat untuk lenih berhati-hati dalam memilih biro perjalanan haji umroh.
“Dari kasus ini, diingatkan kepada seluruh masyarakat, agar berhati-hati dalam memilih biro perjalanan haji/Umroh, silakan pilih biro-biro resmi yang direkomendasikan oleh Departemen Agama, jangan  memilih biro perjalanan yang belum jelas, jangan mudah tergiur dengan iming-iming harga murah,”imbau WTC sapaan akrab Kabid Humas Polda Gorontalo ini.

Penulis    : WTC

Editor       : Irda

Publish     : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x