Adat Mopotilolo Sambut Kedatangan Kapolda Gorontalo Yang Baru

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Pasca dilaksanakannya Serah Terima Jabatan di Mabes Polri pada Jum’at kemarin (08/11), Kapolda Gorontalo yang baru Brigadir Jenderal Polisi Drs. Wahyu Widada, M.Phil bersama Ketua Bhayangkari Daerah Gorontalo Ny. Winta Widada kini tiba di Provinsi Gorontalo.

Kapolda Gorontalo bersama Ketua Bhayangkari tiba di Bandara Djalaludin Gorontalo sekitar pukul 12.30 Wita. Kedatangan Kapolda disambut langsung oleh Wakapolda Gorontalo Kombes Pol. Drs. Jaya Subriyanto, Para Pejabat Utama Polda Gorontalo, Para Kapolres Jajaran, serta juga dilakukan pengalungan bunga oleh Duta Humas Polda Gorontalo.

Setelah pengalungan bunga di Bandara Djalaludin Gorontalo, Penyambutan Brigjen Pol. Drs. Wahyu Widada bersama Ketua Bhayangkari dilanjutkan dengan penerimaan secara adat Mopotilolo di Bandara Djalaludin Gorontalo lama yang dilakukan oleh para pemangku adat Duluwo Limo Lo Pohalaa Provinsi Gorontalo (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Mopotilolo adalah upacara adat yang dilakukan untuk menyambut pejabat negara yang baru pertama kali mengunjungi Gorontalo.

Prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat kepada Kapolda Gorontalo yang dilanjutkan dengan Jamuan Teh dan kue tradisional Gorontalo. Pada prosesi adat ini juga berlangsung pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan kepada Kapolda Gorontalo bersama Ibu Kapolda selama di Provinsi Gorontalo.

Usai pelaksanaan penyambutan, Kapolda Gorontalo langsung menuju Hotel, dan akan kembali melanjutkan kegiatan pada senin besok (11/11).

Penulis    : Fandi

Editor       : Irda

Publish     : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x