PENGAWASAN DAN PEMERIKSAAN RUTIN ITWASDA LAKSANAKAN TAKLIMAT AWAL TAHAP II

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Tingkatkan kinerja Polda Gorontalo selasa tanggal 15/10/2019, pkl. 10.00 wita di ruang Aula SPN Gorontalo melaksanakan taklimat Awal yang di buka langsung oleh Irwasda Gorontalo Kombes. Pol. M. Samsul Huda yang didampingi langsung oleh Karo rena dan Karo Log Polda Gorontalo.

Kapolda Gorontalo melalui sambutannya yang disampaikan oleh Irwasda mengucapkan selamat melaksanakan tugas pengawasan dan pemeriksaan Tahap II dalam aspek pelaksanaan dan pengedalian di satker jajaran Polda Gorontalo yang sebelumnya telah diawali dengan pemeriksaan tahap I aspek perencanaan dan pengorganisasian dengan harapan dapat bermanfaat dalam meningkatkan kinerja anggota Polri di masing – masing satker pada jajaran Polda Gorontalo.

Disamping itu pula Kapolda mengatakan pengawasan dan pemeriksaan rutin yang dilaksanakan oleh itwasda adalah untuk mengetahui sejak dini, sejauh mana kekurangan atau hambatan yang mungkin terjadi mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian , pelaksanaan kegiatan maupun dalam pengololaan anggaran serta mengukur bagaimana kepatuhan satker dalam mempedomani aturan dalam pilun – pilun yang ada, serta mengetahui bagaimana penerapan sistem pengendalian intern yang telah dilaksanakan oleh para kasatker di lingkungan Polda Gorontalo.
Kapolda menekankan melalui irwasda bahwa hal ini sangat penting karena pada akhirnya akan memberikan keyakinan kepada pengawas eksternal (BPK RI), bahwa pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas dan fungsi Polri telah dilaksanakan dengan taat aturan, hemat, efisien dan efektif.

Irwasda menambahkan bahwa program penguatan pengawasan merupakan program ke 10 dari 11 program Kapolri yang merupakan tugas dan tanggung jawab jajaran inspektorat dan profesi pengamanan selaku pengawas internal Polri.
Untuk meningkatkan akuntabilitas aparatur Polri maka perlu dilakukan perubahan secara menyeluruh terhadap Pola pikir dan budaya kerja yang tentunya merupakan tugas kita bersama.

Kabid Humas yang turut hadir dalam kegiatan taklimat awal tersebut menjelaskan bahwa untuk mengoptimalkan pelayanan Polri kepada masyarakat, sesuai dengan tugas, fungsi dan peran Inspektorat Polda Gorontalo dituntut untuk dapat berperan maksimal dalam mencegah dan meniadakan terjadinya penyalahgunaan anggaran melalui konsultasi bersama jajaran BPKP (Badan Pengawasan keuangan dan pembangunan) tingkat Propinsi, sehingga diharapkan temuannya dapat sijadikan pedoman bagi penerapan tata kelola pemerintahan yang baik dengan menaruh harapan besar agar jajaran itwasda Polda Gorontalo dapat berupaya semaksimal mungkin mensinergikan seluruh satker jajaran untuk dapat mempertahankan opini laporan keuangan Polri yang sudah mendapat predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK RI.

Penulis    : Halim

Editor       : Irda

Publish     : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x