Cegah Tindak Kejahatan, Personel Polri Polda Gorontalo Pantau Kamtibmas Melalui Command Center

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Kita ketahui bersama, Provinsi Gorontalo terkenal dengan namanya Kota Serambi Madinah, hal ini karena masyarakat yang berada di Provinsi Gorontalo 90% beragama Islam dan terkenal dengan filosofi Adati Hula-hula’a to Sara’a Hula-hula’a to Qur’an (ASQ). Atau dalam bahasa Indonesinya berartikan ‘Adat bersendikan Sara, Sara bersendikan Kitabullah’.

Namun tidak menutup kemungkinan, Provinsi yang disebut dengan Serambi Madinah bisa saja terjadi tindakan Kriminalitas, karena Kriminalitas ini timbul karena adanya niat dan kesempatan bagi si pelaku untuk melakukan aksi kriminalnya.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan Kamtibmas, Polda Gorontalo dibawah pimpinan Kapolda Gorontalo Brigadir Jenderal polisi Drs. Rachmad Fudail, MH telah membangun sebuah ruangan yang dinamakan ruang Command Center, dimana Personel Polri Polda Gorontalo dapat melakukan pengawasan maupun pemantau terhadap wilayah-wilayah maupun tempat-tempat yang diduga sering terjadinya gangguan kamtibmas.

Kapolda Gorontalo dalam hal ini menyampaikan bahwa, Pembangunan Command Center ini dalam rangka meningkatkan pelayanan Polri terhadap masyarakat, Terutama rasa aman itu tumbuh dengan adanya Command Center, maka kita bisa memantau setiap aktivitas dan kegiatan yang berpotensi gangguan keamanan di wilayah hukum Polda Gorontalo dan lingkungan mako Polda Gorontalo .

“Adapun pemantauan ini juga dapat kita lihat, karena personel Polri yang bertugas di Bidang Teknologi informasi telah melakukan pemasangan instalasi Command Center camera CCTV di beberapa Objek Vital dan CCTV di lingkungan Polda Gorontalo,” ujar Kapolda.

Kabid TI Polda Gorontalo menambahkan, beberapa Titik camera CCTV Objek Vital yaitu sebanyak 9 titik, yang berada di wilayah kota Gorontalo dan kabupaten Gorontalo yang terdiri dari 21 Camera dan 44 titik Camera CCTV yang ada di Mako Polda Gorontalo dengan tipe camera ptz 360 dan Bullet merek huawei.

“Wilayah atau tempat di 9 titik tersebut merupakan tempat yang di anggap rawan sering terjadinya gangguan kamtibmas di Provinsi Gorontalo dan camera CCTV yang terdapat di mako Polda Gorontalo untuk menjaga keamanan mako baik dari dalam mako maupun dari luar mako maka di perlukan adanya monitoring melalui command center yang ada di Polda Gorontalo untuk bisa dengan cepat merespon pelaporan masyarakat dan atau mencegah tindakan masyarakat yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas,” ujarnya.

Penulis : PID Bid TI

Editor    : Irda

Publish  : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x