Seleksi Penerimaan Calon Anggota Polri Terpadu, Panitia Daerah Gorontalo Gelar Tes Uji Anthropometrik

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Kamis 2 Mei 2019 pukul 07.00 Wita bertempat di Aula Bhayangkari Polda Gorontalo, Biro SDM Polda Gorontalo melaksanakan tes uji anthropometrik kepada peserta casis Bintara PTU, Bakompsus, Talent Scouting, dan juga Tamtama. Pada tes ini dihadiri langsung oleh Karo SDM Polda Gorontalo Kombes Pol Drs. Murbani Budi Pitono, S.I.K, M.si, Kabad Dalpers, Kabag Watpers, pengawas internal, pengawas Eksternal dan juga Panitia dari Biro SDM Polda Gorontalo.

Adapun pada tes anthropometrik ini diikuti oleh 206 casis dengan rincian 72 Casis Bintara PTU, 103 Casis Bakompsus, 5 Orang Casis Talent Scouting, dan 26 casis Tamtama.

Karo SDM Polda Gorontalo dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa Tes Anthropometrik ialah tes untuk mengetahui komposisi tubuh maupun bentuknya atau pengukuran atas struktur tubuh dari calon anggota Polri baik untuk Catar Akpol, Bintara PTU, Bakompsus, Talent scouting, dan juga Tamtama. Tujuan akhir dari pengukuran anthropometri adalah menetapkan bentuk atau tipe badan dari casis tersebut.

“adapun dalam pemeriksaan tes ini meliputi, Kepala (miring kanan/kiri), Leher menjulur ke depan (Head Posture), Bahu kiri/kanan rendah (shoulder droop), Bahu kiri/kanan ke depan (shoulder thrust), Lekuk tulang punggung ke depan (lordosis), Lekuk tulang punggung ke belakang (kyphosis), Tulang belakang berbentuk S (scoliosis), Dada (pipih/ceking), Dada meruncing ke depan, Perut menonjol ke depan (abdominal ptosis), Tipe tubuh (gemuk/kurus), Pinggul (hip thrust), Keseimbangan Panggul, Lutut maju ke depan (knee thrust), Kaki ( X ), Kaki (O), Arah telapak kaki, Telapak kaki datar (foot flat), Sikap dan juga Cara Berjalan,” ujar Karo SDM.

Dari hasil tes tersebut, satu orang Casis Bintara PTU dan satu orang Casis Tamtama dinyatakan tidak memenuhi syarat dan tidak bisa melanjutkan tes berikutnya. Kemudian untuk Calon Bintara Bakompsus dan Calon Bintara Talent Scouting penentuan kelulusannya menunggu putusan dari Pusat Panda sesuai petunjuk dari Mabes Polri, Polda hanya mengirimkan nilai hasil Uji Anthropometrik ke Mabes Polri.

 

Selanjutnya kegiatan berakhir pukul Wita 19.30 Wita, Dilanjutkan dengan penyimpanan berkas Hasil Uji Anthropometrik di Brankas Bid Propam yang bertempat di ruang Kabid Propam Polda Gorontalo yang disaksikan oleh pengawas Internal dan eksternal.

Penulis   : Fandi

Editor      : Irda

Publish    : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x