TAK HANYA PALU, KECAMATAN SIGI PUN DISENTUH POLDA GORONTALO

Tribratanew.polri.go.id – Polda Gorontalo, Bencana Alam tentu akan meninggalkan sebuah trauma tersendiri pada diri seseorang. Seberapa sering kamu mengalami Bencana Alam, hal itu akan tetap meninggalkan ketakutan dan kecemasan pada diri seseorang, apalagi hal tersebut dialami oleh anak-anak yang mudah terkejut dan Panik tentunya hal tersebut tak bisa kita bayangkan. Senin (09/10/18).

Kapolda Gorontalo Brigjen Pol. Drs. Rachmad Fudail, MH. Menjelaskan bahwasannya Tim OPS Aman Nusa II 2018 Polda Gorontalo yang kami tugaskan BKO ke Palu adalah tugas dalam misi Kemanusian tak hanya bertugas Evakuasi dan Pendistribusian Bantuan Bahan makanan saja ada juga Tim yang bertugas menanggulangi para korban Trauma Pasca Bencana terutama perempuan dan anak-anak.

Dansatgas Ops Aman Nusa II 2018 Polda Gorontalo yang dipimpin Oleh Kompol Sugeng Setyo Budhi, SIK. menambahkan Setelah bencana, korban cenderung lebih sensitif terhadap apa yang ada di sekelilingnya, Ingatan, suara, bau, sensasi, dan perasaan dalam hati akan selalu membuat mereka teringat akan bencana alam yang meskipun sudah lama berlalu. Trauma tersebut bahkan bisa menghancurkan mental, pandangan, dan reaksi emosional korban.

Kegiatan Trauma Healing yang sebelumnya sudah dilaksanakan dibeberapa Posko pengungsian yang berada dikota palu, Kali ini Tim Trauma Healing yang dipimpin oleh Kompol Winarko, M.Psi bersama Ipda. Andhira Berlian U.S. S.Tr.K bersama, Brigadir Maya, Brigadir Fera, Bripda Rayen dan Bripda Aldy. Melaksanakan giatnya mengunjungi Posko-Posko Pengungsian yang berada di Desa Lolu Kab. Sigi Biromaru dan mengajak anak-anak yang berusia dibawah 4 Thn untuk bermain dan menggambar, Kegiatan Trauma Healing juga disertai dengan kegiatan pemberian bantuan pakaian, Pemberian bantuan susu serta Bahan makanan kepada Korban Bencana Gempa. Tim ini memang ditugaskan secara penuh untuk melakukan Trauma Healing pada korban pasca terjadinya gempa dan tsunami di Palu-Sigi-Donggala. Tim ini diharapkan bisa berkontribusi dalam membantu memulihkan trauma dan mental para korban setelah mengalami kejadian bencana.

Kabid Humas Polda Gorontalo Akbp. Wahyu Tri Cahyono, SIK. Menerangkan giat yang dilaksanakan ini sangat penting, khususnya bagi anak-anak guna memulihkan psikis atau kejiwaan dari para korban sehingga Dengan hadirnya Tim Trauma Healing Polda Gorontalo dapat menanggulangi para korban gangguan psikis dan dapat meminimalisasi timbulnya gangguan yang lebih berat. “ungkap Kabid”.

Penulis : Nawir

Editor : Risda

Publish : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x