MAPPING PSIKOLOGI PEJABAT UTAMA POLDA, BIRO SDM GELAR PSIKOTES

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Di ruang rapat utama Polda Gorontalo pada Kamis, 5 April 2018 pukul 08.00 berlangsung giat psikotes yang diikuti oleh para pejabat utama Polda Gorontalo. Giat tersebut menurut Karo SDM melalui Kabag Psikologi Kompol Winarko S.Psi M. Psi adalah dalam rangka Mapping sekaligus pemeriksaan psikologi sebagai persyaratan pengurusan ijin pakai senjata Api.

” Kita laksanakan kegiatan psikotes terhadap para pejabat Polda adalah dalam rangka mapping psikologi sekaligus pemenuhan persayaratan dalam pengurusan ijin pakai senpi. Dengan mapping ini nantinya akan diperoleh data psikologis para pejabat polda dan juga seluruh anggota dan ubtuk persyaratan pengurusan Senjata Api psikotes wajib dilaksanakan untuk mengetahui kondisi kejiwaan bagi calon pemegang senpi hal ini untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan penggunaan senjata api,” jelas Winarko.

Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun pada personel Polri dan seluruh personel Polda Gorontalo secara bertahap guna mengetahui kondisi psikologis personel Polda Gorontalo sekaligus  bahan evaluasi personel, tindak lanjut kegiatan ini yaitu bagi personel yang ditemukan ada indikasi gangguan psikologis akan dilakukan konseling guna membantu mengatasi permasalahan psikologis, pemulihan kondisi psikologis dan peningkatan motivasi dalam bekerja sehingga akan mampu melaksanakan setiap tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

Kabid humas Akbp Wahyu Tri Cahyono,SIK terkait kegiatan psikotes tersebut menjelaskan   bentuk psikotes yang diberikan oleh bagian Psikologi Biro SDM Polda Gorontalo

“Tadi saya bersama pejabat utama Polda yang lain melaksanakan psikotes .Bentuk testnya hampir sama dengan saat kita seleksi masuk Polisi yaitu menggambar Pohon , manusia serta gabungan Pohon manusia dan rumah selain itu juga menjawab pertanyaan seputar  kepribadian, jelas wahyu.

Penulis         : Wahyu Tri Cahyono

Editor           : Mulyono

Publish         : Wahyu Tri Cahyono

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x