9 Tahun Pengabdian, DTN 439 Gorontalo Beri Edukasi Anti Bullying di SMK 1 Kota Gorontalo

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Guna mencegah kasus kekerasan yang melibatkan pelajar, Polri melalui angkatan 439 Gorontalo, di 9 (Sembilan) tahun pengabdian menjadi anggota Polri hadir di sekolah memberikan sosialisasi dan edukasi terhadap siswa/i di SMK 1 Kota Gorontalo, Jum’at (26/01).

Dalam pelaksanaan kegiatan turut dihadiri oleh Ketua Angkatan DTN 439 Gorontalo Brigadir Zulfikar, Brigadir Saadia Al-Amri, Brigadir Citra Vebrianti Amalia s. Mohammad, SH, Briptu Sri Melani Saputri Adu, dan Briptu Fandi Umar, yang juga turut dihadiri oleh para guru serta siswa dan siswi SMK 1 Kota Gorontalo.

Diterangkan Ketua angkatan Brigadir Zulfikar, kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan edukasi pentingnya stop bullying dan mulai memiliki jiwa sosial, menunjukkan cara mencegah bullying pada pelajar dan meningkatkan kepedulian sosial dan membentuk sikap saling menghargai. 

“Metode Stop Bullying ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan melalui pemberian edukasi. pentingnya menghentikan penindasan dan menanamkan sikap saling menghargai. Kegiatan ini disertai sesi tanya jawab dan diskusi terhadap permasalahan yang sering terjadi di sekolah,” terangnya.

Menurutnya, adanya kegiatan ini sangat mengedukasi anak tentang bagaimana berperilaku agak tidak menimbulkan bullying. “Banyak anak yang merasa mendapatkan bullying walaupun hanya dalam konteks bergaul entah itu dalam sikap atau perkataan,” terangnya.

Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini adanya peningkatan pemahaman bahwa dalam bergaul di lingkungan sekolah dan di rumah harus berperilaku yang baik, tidak mengeluarkan kalimat-kalimat atau kata-kata yang mengejek, mengomel, agresif fisik, menghina fisik seseorang dan lain-lain yang menimbulkan sakit hati seseorang. 

Selama berlangsungnya kegiatan, siswa sangat antusias dengan penyuluhan ini karena ini sebagai pedoman mereka bergaul di sekolah atau di masyarakat. Mereka menjadi paham bahwa kata-kata yang terkesan menghina, meskipun dalam candaan adalah salah satu kategori perilaku bullying.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x