KAPOLDA GORONTALO HADIRI DEKLARASI PEMILU DAMAI 2024

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id -Polda Gorontalo, Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Drs. Angesta Romano Yoyol, MM., di damping Pejabat Utama (PJU), menghadiri acara deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 yang dilaksanakan di Hotel GranD Q Kota Gorontalo. Rabu 30 Agustus 2023. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk menggalang komitmen bersama dalam menjalankan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 yang aman, tertib, dan damai.

Dalam kegiatan tersebut juga di hadiri Ketua DPRD, Penjabat Sekda, Ketua KPU, anggota Bawaslu, Kasi Ops Korem 133/NWB, Danlanal, Dansatradar, Persatuan Wartawan Indonesia, dan pimpinan serta sekretaris partai politik se Provinsi Gorontalo.

Pemilu tahun 2024 ini mengalami perubahan signifikan dibandingkan dengan pemilu sebelumnya. Pemilu ini akan dimulai dengan pemilihan presiden dan wakil presiden, serta pemilu legislatif untuk memilih anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD RI. Tahapan pemilu ini dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 14 Februari 2024. Selain itu, pemilihan kepala daerah (pilkada) juga akan diselenggarakan serentak di seluruh daerah pada 27 November 2024.

Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Angesta mengatakan bahwa kalah atau menang dalam pemilihan adalah bagian dari kompetisi, jangan melakukan cara yang merugikan prinsip demokrasi, seperti penyebaran berita palsu (hoax) dan politisasi SARA (suku, agama, ras, antar golongan).

“KarenaTindakan semacam itu dapat memicu ketegangan dan memecah belah masyarakat, dan merusak tatanan kehidupan berdemokrasi,” ucapnya.

Kapolda juga mengajak semua pihak untuk bersatu dalam menjaga stabilitas kamtibmas, mengingat keberhasilan pelaksanaan pemilu tahun 2019 dan pemilukada tahun 2020 di wilayah Provinsi Gorontalo berlangsung dengan aman dan kondusif.

“Melalui deklarasi ini, mari jaga kerukunan dan persatuan, meskipun masyarakat memiliki pilihan yang berbeda,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, sambutan dari Pj. Gubernur Gorontalo yang diwakili oleh Sekda Provinsi Gorontalo menyampaikan rasa terima kasih kepada Kapolda Gorontalo dan jajarannya atas partisipasinya dalam acara tersebut.

“Terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini yang melibatkan partai politik dan komitmen untuk melaksanakan pemilu dengan damai dan kondusif, menghormati peraturan yang berlaku, dan menolak segala bentuk upaya yang bisa memicu perpecahan atau provokasi,” ujarnya.

Setelah pembacaan deklarasi, para tokoh dan Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) dan perwakilan partai politik secara simbolis menandatangani deklarasi tersebut. Kegiatan deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 sukses berjalan hingga pukul 11.00 WITA dalam situasi yang aman dan kondusif.

Penulis : Arman

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x