Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Ulas Balik Kinerja Kepolisian, Polda Gorontalo Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun 2020

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Rabu (30/12), Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, SIK, M.Si, M.M memimpin langsung pelaksanaan Konferensi Pers Akhir Tahun 2020 yang dilaksanakan di Aula Titinepo Polda Gorontalo.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda Gorontalo didampingi Wakapolda Brigadir Jenderal Polisi Drs. Jaya Subriyanto dan Kabid Humas Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono, SIK serta dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Gorontalo dan para perwakilan Awak Media Mitra Polda Gorontalo.

Sebelum menyampaikan materi Konferensi Pers Akhir Tahun 2020, Kapolda Wiyagus dikesempatan tersebut menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kinerja seluruh personel Polda Gorontalo beserta Polres jajaran, dan juga seluruh Kepala Daerah, Stakeholder terkait, TNI, seluruh komponen masyarakat termasuk para Insan Pers yang telah mendukung terciptanya situasi Kamtibmas di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo senantiasa terkendali dan kondusif.

“Saya selaku Kapolda Gorontalo menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kinerja seluruh personel Polda Gorontalo beserta Polres jajaran, sehingga situasi Kamtibmas di seluruh wilayah Propinsi Gorontalo sampai dengan saat ini senantiasa terkendali dan kondusif, selain itu terima kasih dan penghargaan juga saya sampaikan kepada Seluruh Kepala daerah, stakeholder terkait, dan seluruh komponen masyarakat termasuk Insan Pers atas dukungan dan kerja samanya menjaga Situasi Kamtibmas di wilayah Propinsi Gorontalo, juga ikut berpartisipasi dalam mensukseskan Pilkada di 3 (tiga) Wilayah Kabupaten yaitu Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Pohuwato sehingga berjalan, aman, damai, demokratis dan sehat,” kata Wiyagus.

Dalam materi konferensi Pers yang disampaikan oleh Kapolda Wiyagus meliputi upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Polda Gorontalo dalam penanganan Covid19, kinerja di bidang pembinaan dan juga kinerja di bidang Operasional selama kurun waktu tahun 2020.

Kapolda Akhmad Wiyagus menjelaskan bahwa selama tahun 2020 Polda Gorontalo telah menyelesaikan 2199 kasus kejahatan Konvensional dari 3485 kasus yang dilaporkan.

“Kasus tertinggi Tahun 2020 didominasi oleh kasus penganiayaan sebanyak 989 kasus, pencurian biasa 398 kasus, penipuan sebanyak 234 kasus, KDRT sebanyak 182 kasus dan Penggelapan sebanyak 165 Kasus, dengan ranking kerawanan wilayah berdasarkan jumlah kejadian yakni Polres Gorontalo sebanyak 1349 kasus, Polres Gorontalo Kota sebanyak 771 kasus, Polres Pohuwato sebanyak 356 kasus, Polres Bone Bolango sebanyak 323 kasus Polres Boalemo sebanyak 252 kasus dan Polres Gorontalo Utara sebanyak 211 kasus,” ucapnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono,SIK dalam kata pengantarnya mengatakan bahwa pelaksanaan Konferensi Pers Akhir Tahun 2020, berbeda dari tahun sebelumnya hal ini dikarenakan masih dalam suasana pandemi Covid19.

“Pelaksanaan Konferensi Pers Akhir Tahun 2020 saat ini, karena situasi pandemi Covid19, mohon maaf apabila kami tidak bisa menghadirkan seluruh teman-teman wartawan/insan pers sebagaimana yang biasa dilaksanakan pada tahun sebelumnya,Protokol kesehatan kita jalankan, makanya tadi teman-teman wartawan sebelum masuk seluruhnya dilakukan Rapid test Antigen, kemudian kepada seluruh wartawan yang hadir , kita bagikan masker beserta hand sanitizer hingga tempat duduk pun kita atur sedemikian rupa dengan menjaga jarak, ini adalah untuk kebaikan bersama agar semua terjaga dari ancaman Covid19,”ujar Wahyu

Selanjutnya Wahyu katakan bahwa kegiatan konferensi pers akhir tahun yang dilaksanakan oleh Polda Gorontalo merupakan wujud transparansi dan akuntabilitas Polda Gorontalo serta sebagai bentuk penyampaian informasi kepada masyarakat mengenai situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Gorontalo maupun hasil kinerja Polda Gorontalo secara umum selama tahun 2020.

“Konferensi Pers akhir tahun ini bertujuan untuk mengulas balik seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Polda Gorontalo dan Polres jajaran sepanjang tahun 2020, hal ini penting diketahui oleh masyarakat, sebagai wujud pertanggungjawaban kinerja, selain itu juga sebagai bahan evaluasi, hal-hal yang kurang akan diperbaiki dan yang baik tentu akan ditingkatkan kembali di tahun 2021, sehingga pelaksanaan tugas Kepolisian yang diemban oleh Polda Gorontalo beserta seluruh jajaran dibawahnya ke depan semakin baik,”terang Wahyu.

Dalam kegiatan ini diakhiri dengan pemberian rompi body safety kepada para mitra awak media Polda Gorontalo yang dibagikan langsung oleh Kapolda Gorontalo, Wakapolda, dan Kabid Humas Polda Gorontalo sebagai bentuk identitas dan juga pelindung diri bagi para awak media saat bertugas melakukan peliputan di lapangan.

Penulis : Fandi

Editor : Heri

Publish : Fandi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x