Dialog Kebangsaan, Cara Bid Humas Polda Gorontalo Mengelola Perbedaan Dalam Meneguhkan Keindonesiaan

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Kamis 10 Oktober 2019, Bidang Hubungan Masyarakat Polda Gorontalo menggelar Dialog Kebangsaan yang mengangkat tema “Mengelola Perbedaan Meneguhkan Keindonesiaan” yang dilaksnakan di Warung Kopi Regal, Jalan Nani Wartabone Kota Gorontalo.

Adapun yang menjadi narasumber dalam dialog ini yakni Dir Binmas Polda Gorontalo Kombes Pol. Sumarno, S.Pd, Akademisi Bapak DR. Sahmin Madina, dan juga Ketua PWI Bapak Sukarno, Perwakilan mahasiswa dari masing-masing universitas, serta pembawa acara Alfin.

Berkaitan dengan tema pada dialog ini, Dir Binmas Polda Gorontalo menyampaikan bahwa kita ketahui bersama bahwa sekarang ini banyak terjadi unjuk rasa dimana-mana, namun dalam menyampaikan pendapat, Ide/gagasan, kita harus mengikuti peraturan yang berlaku dalam Undang-undang dalam menyampaikan pendapat dan diharapkan agar tidak mudah terprovokasi, sehingga tidak terjadi gejolak-gejolak dalam berunjuk rasa.

DR. Sahmin Madina selaku narasumber dari Akademisi, beliau menyampaikan bahwa Negara kita adalah negara demokrasi, dan setiap warga negara berhak menyampaikan aspirasi/pendapat, namun dalam negara ini, diharapkan kita dapat mengikuti peraturan yang diatur dalam Undang-undang, agar dalam memberikan ide/gagasan bisa berjalan dengan lancar dan aman.

Bapak Sukarno selaku ketua PWI Gorontalo juga menjelaskan, Terkait dengan yang terjadi di media sosial dan media online yang berkaitan dengan permasalahan beberapa minggu kemarin, beliau menjelaskan semua media mempunyai kebijakan masing-masing di tiap-tiap perusahaan media, dan kami sebagai pihak wartawan sudah ada SOP sesuai peraturan dewan pers, terutama dalam menulis suatu berita kita tidak boleh menyalahi kode etik jurnalistik.

Usai menyampaikan statemen masing-masing, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab antara narasumber dengan para mahasiswa.

Terkait berita Hoax, Dir Binmas menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Provinsi Gorontalo untuk jangan terpengaruh dengan isu-isu maupun berita-berita yang beredar di media sosial yang mengandung unsur provokasi yang mengakibatkan permasalahan di tengah masyarakat. Dan Polri dalam menindaklanjuti berita Hoax ini, Polri sudah memiliki personel yang bertugas sebagai unit cyber dalam memantau atau melakukan patroli di media sosial maupun media online.

Diakhir dialog, Dir Binmas Polda Gorontalo menghimbau kepada masyarakat Gorontalo, khususnya mahasiswa, agar kita harus bijak melihat permasalahan yang ada ditengah masyarakat, apalagi permasalahan yang sering kali timbul melalui media sosial, karena dalam media sosial sekarang ini banyak juga berita-berita hoax yang dapat membuat perselisihan diantara kita. Untuk itu kita harus bijak dalam menggunakan media sosial.

Penulis   : Fandi

Editor      : Irda

Publish    : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x