April 24, 2024

Polres Pohuwato Laksanakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Mou Dalam Rangka Pengawasan Penggunaan Dana Desa Di Kabupaten Pohuwato

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Senin (23/10/2017) pukul 09.45 wita bertempat di Aula Tri Brata Polres Pohuwato telah berlangsung kegiatan rapat Koordinasi dalam rangka membahas Nota Kesepahaman atau MoU antara Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Mendagri dan Kapolri dalam rangka pengawasan penggunaan Dana Desa Tingkat Polres Pohuwato.

Adapun peserta rapat yang hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya sebagai berikut Kapolres Pohuwato Akbp Ary Dony Setiawan, SIK, MH., Wakapolres Pohuwato Amner B. Purba, S.Sos, Para Kabag, Para Kasat, Para Kapolsek Jajaran Polres Pohuwato, Kanit IV Satuan Intelkam Aiptu Demil Palit (Mewakili Kasat Intelkam), Kabid PMD Sdri. Fatmawaty Laraga, SE., Muhammad Trizal (Inspektorat Daerah), Sekertaris Bappeda Sdra. Rustam Meleng, ST., Kasi Intel Kejari Marisa Reinaldi, SH.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pohuwato, dimana dalam rapat koordinasi yang berlangsung, Kapolres Pohuwato memaparkan gambaran umum nota kesepahaman antara Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Dalam Negeri dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang Pencegahan, Pengawasan dan Penanganan Permasalahan Dana Desa, secara umum diantaranya Merencanakan akan membentuk Satgas dimana dalam pembentukan Satgas tersebut akan melibatkan instansi terkait dengan mengedepanan fungsi Reskrim, Binmas, Kejaksaan dan Inspektorat.

Satgas yang akan dibentuk akan lebih aktif pada pencegahan dan pengawasan penyalahgunaan anggaran dana desa. Akan melakukan pertemuan lanjutan pada tanggal 31 Oktober 2017 dengan akan melibatkan seluruh Kepala Desa dan Bhabinkamtibmas serta akan dihadiri oleh Forkopimda serta instansi terkait.

Kapolres Pohuwato selanjutnya menyampaikan bahwa, MoU yang dibuat tersebut meliputi beberapa ruang lingkup, antara lain, pembinaan penguatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan masyarakat dalam pengelolaan dana desa, pemantapan dan sosialisasi regulasi pengelolaan dana desa, dan penguatan pengawasan dana desa.

Kegiatan tersebut berakhir pada pukul 10.45 wita dan berlangsung dalam keadaan aman, tertib dan lancar.

Penulis         : Firdha

Editor           : Alfian

Publish         : Firdha

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x