Februari 22, 2024

Kasat Tahti Sidak Ruang Tahanan Polres Pohuwato

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Sebagai antisipasi kemungkinan adanya tindakan tahanan yang tidak diinginkan, serta memastikan kondisi kesahatan para tahanan, Kasat Tahti Iptu Hanny i. Fentje Bersama Anggota Sat Tahti yg d dampingi oleh Anggota Propam melaksanakan penggeledahan ruang tahanan sat tahti res pohuwato.

Penggeledahan dan pemeriksaan di lakukan baik pada tahanan ruangan maupun pemeriksaan rutin kesehatan tahanan yang ada di rumah tahanan (Rutan) Mapolres Pohuwato, Rabu (27/9/2017)).

Satu per satu tahanan maupun ruangan diperiksa secara teliti. Masing-masing tahanan juga dilihat kondisi kesehatannya. Tahanan juga diajak berdialog memberikan binluh sambil diarahkan agar tidak mengulangi lagi perbuatannya.

Kasat Tahti Iptu Hanny i. Fentje  mengatakan bahwa ruang masing-masing tahanan juga tidak luput dari pemeriksaan, termasuk beberapa barang yang berada di dalam ruangan. Semua dilakukan pengecekan dan diperiksa sebagai antisipasi masuknya barang terlarang seperti Narkoba, rokok, korek api, handphone, dan berbagai alat yang dimungkinkan dapat membahayakan tahanan selama berada di ruangan.

“Pemeriksaan ruang tahanan dan kesehatannya sudah rutin dilakukan karena sudah menjadi tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Pemeriksaan dan pengecekan selain saat serah terima, juga rutin dilakukan setiap jam oleh petugas jaga tahanan,” kata Iptu Hanny i. Fentje

Menurut Kapolres Pohuwato Akbp Ari Donny Setiawan S.I.K, M.H mengatakan bahwa meskipun mereka adalah tahanan Polres Pohuwato, orang yang berbuat salah dan melanggar pasal-pasal hukum pidana yang berlaku, mereka tetap mempunyai hak untuk sehat maka dari itu laksanakan pemeriksaan dan tanyakan keluhan apa yang di rasakan, serta untuk mengantisipasi terjadinya tahanan lari.

Selain itu, pemeriksaan juga dilakukan pada barang-barang pembesuk untuk mengatisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan. Melalui pengecekan dan pengawasan secara rutin dan terus menerus yang dilakukan anggota jaga tahanan Polres Pohuwato ini diharapkan dapat mempersempit ruang gerak tahanan sekaligus memantau setiap aktifitas tahanan selama berada di dalam ruangan.

“Alhamdulillah, jumlah lengkap dan dalam kondisi sehat. Semoga apa yang kami lakukan ini berdampak positif dan merupakan suatu bentuk usaha antisipasi agar tidak terjadi apa yang tidak kita inginkan bersama,” pungkas Iptu Hanny i. Fentje

Penulis         : Hardiyanti

ditor           : Alfian

Publish         : Hardiyanti

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x