Agustus 18, 2022

Polres Pohuwato

TribrataNews Portal Berita Resmi Polres Pohuwato

Polres Pohuwato Laksanakan Pra-Oprasi Pencegahan KARHUTLA

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id Menjelang pelaksanaan Operasi Bina Karuna Otanaha 2022, Wakapolres Kompol Cakra Donya,S.I.K., membuka pelatihan Pra-Operasi Bina Karuna Otanaha 2022, bertempat di Aula Tribata Polres Pohuwato, Selasa (28/06).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasat Binmas AKP Rovel Kirojan, Kabag ops KOMPOL Afandy Nurkamiden, S.E, Para Kasat, para Kapolsek Sejajaran dan Personel yang terlibat Operasi Bina Karuna Otanaha 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolres mengatakan kegiatan Operasi Bina Karuna Otanaha bertujuan dalam rangka pencegahan terhadap kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) khususnya di Kabupaten Pohuwato.

“Operasi ini bertujuan untuk pencegahan terhadap KARHUTLA, maka lakukan upaya pencegahan dan himbauan kepada masyarakat agar tidak membakar hutan atau lahan dalam membuka kebun.” Kata Cakra Donya

Tindakan pembakaran hutan dan lahan merupakan suatu tindakan yang melanggar hukum, bahkan dapat dikenakan sanksi pidana, sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku, Ucap WakapolresKompol Cakra juga mengajak para Kapolsek sejajaran agar melakukan himbauan dan sosialisasi kepada pemilik lahan maupun perusahaan terkait pelarangan pembukaan lahan dengan cara membakar, karena pembakaran tersebut dapat menimbulkan dampak buruk dalam segala aspek.

“Kapolsek agar lakukan himbauan dan sosialisasi dimana mengedepankan tindakan Pre-Emtive dan Preventif (pencegahan niat dan kesengajaan pelaku) kepada para pengusaha dan masyarakat,”Ungkap WakaPolres

Sosialisasi seperti ini mampu memberikan pencerahan, serta kesadaran sosial dan kesadaran hukum kepada seluruh elemen warga masyarakat, untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, tambahnya.

Ia juga mengintruksikan kepada personel yang terlibat Operasi Bina Karuna agar melengkapi perangkat Operasi seperti perangkat lunak serta perangkat keras dalam mendukung terlaksananya Operasi Bina Karuna Otanaha diPolres Pohuwato.

“Harapan kita semua tentunya, semoga Karhutla tidak terjadi pada wilayah hukum Polres Pohuwato. Untuk itu, ayo kita bersama-sama mencegah adanya Karhutla guna terciptanya kondisi aman kondusif,” tutup Kompol Cakra Donya.

Penulis : Hanny

Publis : Hanny

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x