Juni 18, 2021

Polres Pohuwato

TribrataNews Portal Berita Resmi Polres Pohuwato

ANTISIPASI TAHANAN KABUR, KASIWAS CEK RUANGAN TAHANAN POLRES POHUWATO

Tribratanews.polri.go.id–Polres Pohuwato, Polda Gorontalo, Seksi Pengawasan (Siwas) Polres Pohuwato IPTU Djoko Suwiknyo meminta petugas jaga tahanan untuk memperhatikan kondisi kesehatan para tahanan. Hal itu disampaikannya saat melakukan pengecekan di ruang tahanan Mapolres Pohuwato, Kamis (25/07).

Kasiwas Polres Pohuwato IPTU Djoko Suwiknyo, yang di dampingi  piket Provos BRIPKA Adriayanto melakukan pemeriksaan terhadap sistem keamanan di ruang tahanan Polres Pohuwato. adapun salah satu prosedur yang harus dipedomani yaitu tahanan tidak diperkenankan memakai ikat pinggang, tali, barang-barang tajam dan barang berbahaya lainya yang dapat di gunakan untuk bunuh diri, melarikan diri atau mencederai diri sendiri atau orang lain.

Dalam pemeriksaan kali ini IPTU Djoko Suwiknyo mengecek jumlah tahanan Polres Pohuwato yang terdiri Tahanan Sat Reskrim, Narkoba dan Titipan Polsek Jajaran Polres Pohuwato dan seluruhnya dalam keadaan sehat dan lengkap, ujar Kasiwas Polres Pohuwato.

Menurut Kasat Tahti Polres Pohuwato bahwa ”Keberhasilan pelayanan tahanan terdapat pada ketepatan petugas jaga tahanan dalam menerapkan sistem pembinaan tahanan yang edukatif dan komunikatif yang dilakukan di rutan Polres Pohuwato“, tegas IPTU Wayang Subrata.

Selain itu Kasiwas Polres Pohuwato menjelaskan setiap pergantian piket Pawas baik siang maupun malam selalu dilakukan pengecekan ke seluruh ruang tahanan termasuk semua tahanan. Pengecekannya meliputi seluruh sistem keamanan termasuk petugas piket jaga tahanan, Closed Circuit Television (CCTV), kunci ruang sel tahanan dan juga barang-barang milik tahanan di dalam ruang sel, tegas IPTU Djoko Suwiknyo.

Setiap tamu yang berkunjung agar di catat tulis di buku mutasi dan jaga kebersihan dalam ruangan tahanan. Kegiatan ini dilakukan guna mencegah terjadinya tahanan kabur atau tahanan bunuh diri di dalam sel tahanan. Maka pengecekan keamanan dilakukan secara rutin.

Penulis           :     Erwin Tuweno
Editor             :     Bernadin Situngkir, SH
Publish           :     Erwin Tuweno

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x