Oktober 4, 2022

Polres Bone Bolango

TribrataNews Portal Berita Resmi Polres Bone Bolango

Wakapolda Gorontalo Hadiri Sosialisasi Rencana Pembangunan Bendungan Bulango Ulu

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Senin (13/11/2017) wakapolda Gorontalo Kombes Pol Drs Eko Sukriyanto menghadiri sosialisasi rencana pembangunan bendungan bulango ulu yang dilaksanakan di lapangan desa bulango Ulu.

Kegiatan ini di hadiri oleh wakil gubernur, bupati dan wakil Bupati bone Bolango, Dir Sabhara Polda Gorontalo, dan Kapolres bone bulango.

Mengawali kegiatan sosialisasi ini Bupati bone bolango memberikan sambutan kepada seluruh warga yang hadir bahwa pada hari ini kita akan menjelaskan tujuan dari pembangunan bendungan di bulango hulu ini. Bupati berharap agar masyarakat mendengarkan apa yang akan di sampaikan nanti pada sosialisasi ini, apabila ada yang ingin di sampaikan silahkan di sampaikan melalui sosialisasi ini kata Bupati bone bolango.

Setelah itu wakil gubernur provinsi Gorontalo Idris rahim memberikan sambutan dan arahan dimana beliau menyampaikan bahwa pembangunan bendungan ini, belum langsung di laksanakan pembangunan waduk, karena masih banyak pentahapan di antaranya pengecekan kelayakan pembangunan bendungan ini, sesuai dengan hasil penelitian para ahli , di katakan bahwa Indonesia pada beberapa tahun yg akan dtng akan krisis air, sehingga itu pemerintahan pak Jokowi akan merencanakan akan membangun 49 waduk di seluruh Indonesia untuk mengantisipasi krisis air.

Dilanjutkan dengan sesi pemaparan oleh kepala Bappeda Budi Sidiki tentang pembangunan waduk di bulango hulu , dan di lanjutkan oleh konsultan pembangunan rencana bendungan bulango ini merupakan proyek strategi Nasional yang merupakan arahan presiden.

Kedepannya bendungan ini akan di siapkan menyuplai air bersih dan irigasi. Bendungan bulango ini sudah di teliti kenapa di pilih disini karena potensinya sangat besar, dan rencananya akan di bangun ketinggian 65 m di permukaan air kata konsultan pembangunan bendungan air ini. Nantinya kalau bendungan ini jadi akan ada tanah yang di bebaskan sekitar 690 ha. Dan itu semua akan di lakukan kompensasi yang jelas. Ada banyak tahapan kelayakan lingkungan untuk pembangunan bendungan ini, jadi konsultan berharap kepada masyarakat untuk memberikan data sedetail mungkin tentang pembangunan bendungan ini. Dari konsultan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bertanya tentang pembangunan bendungan bulango hulu ini kata konsultan.

Setelah itu di lakukan diskusi dengan masyarakat sekitar tentang kegunaan di bangunnya bendungan dan dampak di bangunnya bendungan, dari hasil diskusi di sepakati memberikan kesempatan kepada pihak pemerintah untuk mensurvei apakah bendungan bulango hulu layak di bangun atau tidak.

Penulis         : Irham

Editor           : Alfian

Publish         : Firdha

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x