Agustus 8, 2022

Polres Bone Bolango

TribrataNews Portal Berita Resmi Polres Bone Bolango

Kabag Ops Polres Bone Bolango Pimpin Pengamanan Demo Di Kantor Bupati Dan DPRD Bone Bolango

POLRES BONE BOLANGO. Hari ini, Senin 14 Maret 2022, Sejumlah massa aksi yang mengatasnamakan Aliansi Penambang Rakyat Suwawa melaksanakan aksi demo di dua lokasi yakni halaman gedung Kantor Bupati Bone Bolango Desa Ulanta Kecamatan Suwawa dan gedung DPRD Kabupaten Bone Bolango Desa Moutong Kecamatan Tilong Kabila.

Dengan mengendarai 1 unit Truck bermuatan Sound Sistem dan puluhan sepeda motor R2 serta 7 unit R4, Massa aksi yang berjumlah sekitar 500 orang tersebut dikawal dan dijaga oleh Polres Bone Bolango dengan menerjunkan 120 personil gabungan dari Polres dan Polsek terdekat yakni Polsek Suwawa dan polsek Tilong Kabila yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Bone Bolango Kompol Adek Dermawan, SH, SIK

Sekitar pukul 10.25 wita, massa aksi melaksanakan orasi pertamanya di halaman depan gedung Kantor Bupati Bone Bolango dengan menyuarakan aspirasinya yakni terkait izin pertambangan rakyat yang ada di kecamatan Suwawa serta meminta Forkopimda Bone Bolango dan Provinsi Gorontalo untuk mencari solusi terhadap aktifitas pertambangan rakyat tersebut dimana massa aksi saat itu di terima langsung oleh Bupati Bone Bolango Dr. H. Hamim Pou.

Selanjutnya pukul. 10.47 wita massa aksi tersebut bergeser di depan gedung DPRD Kabupaten Bone Bolango dengan menyuarakan kembali aksi mereka terkait pertambangan rakyat di Suwawa yang merupakan pendapatan utama masyarakat setempat, aksi tersebut diterima langsung oleh anggota DPRD bapak Usman Hulopi.

Kapolres Bone Bolango AKBP Emile Reisitei Hartanto SH, SIK melalui Kabag Ops Kompol Adek Dermawan, SH, SIK  di sela pengamanan menyampaikan, untuk pengamanannya dalam aksi tersebut Polres Bone Bolango melaksanakan dengan over estimate (perkiraan yang tinggi) dengan mengerahkan personil di lapangan baik pengamanan terbuka dan tertutup.

“Ini sebagai upaya agar tercipta situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Bone Bolango”. “tegas Kabag Ops.

“anggota pengamanan akan mengawal jalan aksi hingga selesai dengan cara humanis serta sesuai SOP pengamanan unjuk rasa”. “tambahnya.

Setelah berorasi di kantor DPRD Kabupaten Bone Bolango, Sekitar pukul 11.00 wita massa pendemo melanjutkan aksinya menuju ke Kantor DPRD Provinsi Gorontalo yang berlokasi di Kota Gorontalo dengan bergeser secara aman dan tertib.

Disampaikan oleh Kabag Ops, bahwa sebelumnya pihak Polres Bone Bolango juga sudah menghimbau kepada pihak yang akan melaksanakan aksi demo untuk tetap menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif serta tidak melakukan tindakan yang anarkis yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

 “dengan himbauan  jaga kamtibmas, Alhamdulillah aksi unjuk rasa hari ini walau dengan ratusan massa aksi tetap berjalan dengan tertib dan aman serta situasi kamtibmas pasca aksi tersebut tetap berjalan dengan kondusif”. “tutup Kompol Adek Dermawan.

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x