Desember 6, 2022

Polres Bone Bolango

TribrataNews Portal Berita Resmi Polres Bone Bolango

Bhabinkamtibmas Desa Tanggilingo Hadiri Giat Pelatihan Pertanian Organik

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Bhabinkamtibmas Desa Tanggilingo Bripka Irfan Husain menghadiri kegiatan pelatihan pertanian organik untuk mewujudkan swasembada pangan nasional di Aula Kantor Desa Tanggilingo Kec. Kabila Kab. Bone Bolango.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Camat Kabila Riyon Naki, Dekan Fakultas pertanian UNG Dr. Moh Ikbal Bahua, Ketua BPD Kec. Kabila Karman Monoarfa, Kepala Desa Tanggilingo Yanto Pasilis serta masyarakat desa Tanggilingo -+ 30 orang.

Dekan Fakultas pertanian UNG Dr. Moh Ikbal Bahua menyampaikan materi tentang Konsep pertanian berbasis pada suatu wilayah bisa digunakan secara maksimal. Persoalannya, pemerintah tidak pernah mau melakukannya, semuanya terlanjur pada ketergantungan di sektor impor.

Menurutnya, solusi pertanian organik dalam membantu ketahanan pangan bisa dijadikan satu aksi progresif bagi pemerintah. Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam hayati tropis, pasar produk pertanian organik yang meningkat dengan pesat setiap tahunnya, ini akan menjadi bisnis yang sangat menguntungkan bila ditekuni, apalagi untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Saat ini volume produk pertanian organik mencapai 5 % – 7 % di pasar International.

Harga produk hasil pertanian organik lebih baik apabila dibandingkan dengan pertanian non-organik, menjadi daya tarik bagi petani untuk beralih pada sektor ini. Untuk itu, pemerintah dituntut untuk mempersiapkan lahan-lahan terlantar untuk dijadikan pertanian organik, mengupayakan intensif harga yang memadai dan memastikan pasar pertanian organik.

Namun saat ini, petani di Indonesia masih mengalami enam tekanan, yaitu tekanan ekonomi, tekanan alam, tekanan sosial, tekanan budaya, tekanan global dan tekanan kebijakan.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan praktek embuatan pupuk organik.

Penulis         : Firdha

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Firdha

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x