Agustus 17, 2022

Polres Bone Bolango

TribrataNews Portal Berita Resmi Polres Bone Bolango

Kanit Tipikor Polres Bone Bolango Hadiri Sosialisasi Masyarakat Sadar Akan Hukum

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Kamis (13/7/2017) Pukul 09.30 wita bertempat di aula Kantor Desa Tanggilingo Kec. Kabila Kab. Bone Bolango telah berlangsung kegiatan sosialisasi tentang Pararegal mewujudkan Masyarakat Sadar akan Hukum dari Unsur Kejari Bonbol, Unit Tipikor Polres Bonbol dan Pemda.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kasi Intel Kejari Bone Bolango9 Feri Nopiyanto, SH, Kasi Jaksa Fungsional Dio Sumantri, SHH, Kabid Pemdes KAbu. Bone Bolango Frangki J Tanango, Camat Kabila Drs. Riyon Naki, Kades Tanggilingo Yanto Pasilia, Ketua LPM Timang PAsilia SH dan Kanit Tipikor Polres Bone Bolango Bripka Yahya Boudelo, SH, serta masyarakat Desa Tanggilingo.

Adapun isi dari sosialisasi tersebut yakni Tujuan dari penyusun untuk mengetahui pengertian hukum dan indikator dari kesadaran hukum Manfaat Dapat mengetahui kesadaran hukum masyarakan dan arti keasadaran hukum dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan masyarakat mematuhi hukum, Pembentukan masyarakat sadar hukum dan taat akan hukum merupakan cita-cita dari adanya norma-norma yang menginginkan masyarakat yang berkeadilan sehingga sendi-sendi dari budaya masyarakat akan berkembang menuju terciptanya suatu sistem masyarakat yang menghargai satu sama lainnya, membuat masyarakat sadar hukum dan taat hukum bukanlah sesuatu yang mudah dengan membalik telapak tangan, banyak yang harus diupayakan oleh pendiri atau pemikir negeri ini untuk memikirkan hal tersebut.

Hukum bukanlah satu-satunya yang berfungsi untuk menjadikan masyrakat sadar hukum dan taat hukum, Indonesia adalah negara yang sangat tampaknya dalam membentuk formulasi hukum positif agak berbeda dengan negara-negara yang kulturnya homogen, sangatlah penting kiranya sebelum membentuk suatu hukum yang akan mengatur perjalanan masyarakat, haruslah digali tentang filsafat hukum secara yang mewujudkan keadilan yang nyata bagi seluruh golongan, suku, ras, agama yang ada di Indonesia.

Kanit Tipikor Polres Bone Bolango Bripka Yahya Boudelo, SH mengatakan dengan melalui sosialisasi ini masyarakat dapat memahami Hukum yang berlaku di Indonesia. Sehingga dapat dijadikan pelajaran untuk mengurangi tindakan criminal di lingkungan.

Kegiatan tersebut berakhir pukul 14.40 wita dengan situasi aman dan kondusif.

Penulis         : Firdha

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Firdha

 

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x