April 24, 2024

Jelang Pemilu 2019, Bripka Jems Himbau Warga Antisipasi Berita Hoax

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Kita ketahui bersama bahwa sekarang ini berita Hoax dan Ujaran kebencian sudah merajalela. Berita Hoax ini terjadi karena banyak kalangan yang langsung menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya, sehingga berita Hoax tersebut meluas dan mengakibatkan keresahan bagi masyrakat yang lainnya.

Maka dari itu, untuk memendung berita Hoax ini banyak dari pihak kepolisian serta pemerintah melaksanakan kegiatan yang berkaitan tentang antisipasi Penyebaran informasi yang tidak jelas atau yang disebut dengan Hoax. Seperti halnya yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Desa Bulotalangi Kec. Bulango Timur Kab. Bone Bolango Prov. Gorontalo BRIPKA Jems yang melaksanakan sambang kepada warga yang sedang duduk digubuk tempat ia beristirahat, Jum’at 15 Februari 2019.

Di kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada warga agar jangan mudah percaya berita Hoax yang sekarang ini marak terjadi di media sosial, terlebih menjelang pesta demokrasi saat ini. Dan Bila ditemukan informasi yang belum jelas tersebut, diharapkan warga untuk tidak langsung percaya dengan berita tersebut, dan segera laporkan kepada pihak yang berwajib untuk ditanyakan kebenarannya, agar berita Hoax ini tidak tersebar luas.

“Selain itu masyarakat juga di himbau jangan sampai ikut dalam penyebaran berita bohong atau Hoax di Media Sosial, apakah itu di beri imbalan oleh orang lain ataupun atas kepentingan pribadi atau hanya karena iseng semata, Karena bagi pelaku penyebar berita bohong atau Hoax dapat di kenakan sanksi pidana sesuai dengan pasal 28 Ayat 1 UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yaitu setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang menyebabkan kerugian konsumen dalam transaksi elekrtonik dapat di pidana dengan ancaman paling lama 6 (enam) tahun,” Ujarnya.

Penulis   : Fandi

Editor      : Irda

Publish    : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x