April 17, 2021

Polres Boalemo

TribrataNews Portal Berita Resmi Polres Boalemo

Mediasi, Cara Ampuh Bhabinkamtibmas Selesaikan Masalah di Desa

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Tidak semua kasus atau permasalahan yang ada di masyarakat harus selesai di meja hijau. Bila permasalahan tersebut bisa diselesaikan secara kekeluargaan, maka hal tersebut akan lebih baik.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Hulawa Kec. Buntulia Brigadir Andi Ayyub, memediasi kasus penganiayaan Anak di bawah umur di Kantor Desa Hulawa. Senin (24/7/2017)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Hulawa Hi. Suleman Hasan, sekeretaris desa Hulawa Ismail Malik.

Kasus penganiayaan yang dilakukan oleh paman dan tante korban yakni Lk. dengan inisial MG, Pr. Insial UB, Pr. Inisial FM, dan Pr. Inisial FI yang melakukan penganiayaan kepada anak dibawah umur Pr. Inisial RI yang dimana korban mengalami luka cakar di dahi dan mengalami pembengkakan di kaki sebelah kanan korban.

Namun setelah dilakukan mediasi, kedua belah pihak bersedia berdamai, pelaku telah meminta maaf kepada orang tua korban serta bersedia menanggung biaya pengobatan korban yang luka. Dan dibuatkan surat pernyataan dengan hasil kesepakatan yang tercantum dalam surat tersebut.

Mediasi merupakan salah satu bentuk dari alternatif penyelesaian masalah di luar pengadilan. Tujuan dilakukannya mediasi adalah menyelesaikan masalah antara para pihak dengan melibatkan pihak ketiga yang netral dan imparsial.

“Mediasi dapat mengantarkan para pihak ketiga pada perwujudan kesepakatan damai yang permanen dan lestari, mengingat penyelesaian masalah melalui mediasi menempatkan kedua belah pihak pada posisi yang sama, tidak ada pihak yang dimenangkan atau pihak yang dikalahkan (win-win solution),”ungkap Bhabinkamtibmas Desa Hulawa

Penulis         : Firdha

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Firdha

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x