Februari 5, 2023

Polres Boalemo

TribrataNews Portal Berita Resmi Polres Boalemo

POLRI SIGAP, SATUAN BRIMOB GORONTALO TURUNKAN TIM SAR BANTU KORBAN BANJIR DI BOALEMO

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah di kabupaten boalemo pada minggu (27/1/2019) sore, mengakibatkan Ratusan rumah di kecamatan Tilamuta terendam banjir, banjir ini sering terjadi pada saat musim penghujan. Menanggapi kejadian ini Satuan Brimob Polda Gorontalo langsung menerjunkan TIM SAR unuk membantu Polres Boalemo untuk melakukan evakuasi korban banjir serta membersihkan rumah warga yang terkena dampak banjir, sebanyak 30 personel SAR di turunkan dalam giat tersebut dibawah pimpinan komandan kompi 1 Yon A Pelopor Iptu Ari Prasetyo S.Ik. ada dua titik yang terkana dampak paling parah dan dengan sigap TIM SAR Satbrimobda Gorontalo langsung terjun ke lokasi tersebut.

Banjir yang merendam beberapa desa di kecamatan tilamuta Kab Boalemo membuat masyarakat yang terkena dampak banjir ini harus mengungsi ke kerabat mereka atau mencari tempat yang lebih aman, genangan air setinggi 50-125 cm muncul dan merendam 655 unit rumah warga dibeberapa desa yang ada di kecamatan tilamuta. Selain merendam rumah warga banjir juga merendam badan jalan yang mengakibatkan jalan sulit dilalui oleh pengendara baik roda dua maupun roda empat hingga membuat kemacetan cukup parah untuk bebrapa saat.

Dilokasi musibah banjir, Tim sar Satbrimobda Gorontalo bertugas membantu menguras genangan air yang merendam rumah warga serta mengevakuasi barang-barang berharganya, selain itu juga seluruh anggota tim SAR di kerahkan untuk membantu membersihkan lumpur yang ada di rumah atau material sampah yang menggangu fasilitas umum.
“Ini merupakan tugas kemanusiaan yang sudah menjadi tanggung jawab kami sebagai anggota polri khususnya Tim SAR,sebanyak 1 peleton kami datang untuk membantu masyarakat yang terkena dampak banjir dalam hal ini kami bekerjasama dengan Polres Boalemo, bpbd kabupaten boalemo dan dibantu oleh unsur pemerintah setempat serta masyarakat yang bersama-sama membersihkan sisa lumpur dan sampah yang diakibatkan oleh banjir tersebut. Ungkap Iptu Ari

Dansat Brimob Polda gorontalo Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto S.IK menambahkan bahwa TIM Sar yang kami krim ini untuk membantu polres boalemo lengkap dengan peralatannya baik Mobil SAR lapangan maupun Perahu Karet yag lengkap dengan mesin dan Anggota yang mengawakinya, dengan adanya TIM SAR dari Brimob ini harapanya bisa membantu proses evakuasi dan pemulihan pasca terjadinya bencana alam banjir tersebut. Ungkapnya

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan berdasarkan keterangan dari BNPB 2,208 jumlah warga yang menempati 655 rumah yang terkena dampak banjir, selain rumah, sekolah dan tempat ibadah juga ikut terkena dampak akibat banjir ini. Saat ini juga Tim SAR Satbrimobda Gorontalo masih terus melakukan evakuasi dan pembersihan sisa-sisa lumpur bersama bpbd dan membantu pendistribusian bantuan.

Penulis    : PID Sat Brimob

Editor       : Irda

Publish     : Fandi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x