8 September 2024

Brigadir Diana Holung Turut serta dalam Satgas MINUSCA Misi Perdamaian Dunia PBB.

tribrtanews.gorontalo.com – Polda Gorontalo. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) setiap tahunnya mengirimkan delegasi ke Sudan untuk menjalankan misi perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Namun secara operasional, FPU Indonesia berkedudukan di bawah misi gabungan Uni Afrika-PBB di Darfur (AU-UN Hybrid Mission In Darfur/UNAMID). Polda Gorontalo dalam hal ini Satuan Brimob Polda Gorontalo juga mengirimkan personel terbaik untuk terlibat dalam misi perdamaian tersebut, personel itu yakni Brigadir Diana Holung Anggota Intel Satbrimob Polda Gorontalo.
Kurang lebih selama satu tahun telah dilaksanakan Pra Ops mulai tanggal 11 Maret 2018 hingga pemberangkatan kontingen FPU I MINUSCA pada tanggal 14 Februari 2019 dilepas oleh Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D dan Menteri Luar Negri Retno Marsudi bertempat di rupatama Mabes Polri.

kontingen ini adalah pertama kalinya Indonesia mengirimkan pasukan untuk melaksanakan tugas di tempat yang masih merupakan Zona merah atau sering terjadi konflik di wilayah Afrika Tengah. Kontingen ini akan bertugas selama 1 Tahun di Afrika Tengah dibawah naungan Perserikatan bangsa-bangsa (PBB).

Brigadir Diana sendiri tergabung dalam Liaison Officer yang sebelumnya tergabung dalam peleton Alpha sebagai Tactical Troops kemudian tergabung dengan Peleton Swat untuk dilatih sebagai penyetaraan gender sebanyak 4 orang polwan. Kemudian dikarenakan kebutuhan kontingen sekarang dipercayakan pimpinan dengan jabatan sebagai Liaison Officer untuk Bahasa Perancis.

“Dalam pelaksanaan tugas sebagai LO di dalam kontingen FPU 1 Minusca sudah pasti bukanlah hal yang mudah karena apapun yang menjadi pelopor / pembuka jalan itu sangatlah sulit dan menantang. Tapi saya jadikan semua itu sebagai motivasi dalam berkarya dan mengharumkan nama Bangsa Indonesia di kanca Dunia,mengharumkan nama Polisi Wanita Korps Brimob Polri. Ungkap Diana

Dansat Brimob Polda Gorontalo Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto S.Ik mengaku bangga atas terpilihnya salah satu Personel Dari Satuan Brimob Polda Gorontalo hingga bisa membawa nama baik Daerah lebih khusus Indonesia.

Suatu prestasi membanggakan bagi personel yang terpilih karena tentu melalui seleksi yang begitu ketat. Saya sebagai Komandan Satuan Brimob Polda Gorontalo memberikan apresiasi tinggi dan semoga sukses dalam tugas serta keluarga diharapkan selalu mendukung dan berdoa, karena keluarga adalah pemberi motivasi dan semangat,” ucap Dansat

Penulis         : Pid Brimob
Editor          : Irda
Publish         : Hardiyanti

You may have missed