26 Oktober 2024

Kapolda Gorontalo Menerima Tim KNKT Terkait Investigasi Kecelakaan Pesawat SAM Air di Bandara Pohuwato

Tribratanwes.gorontalo.polri.go.id – Kapolda Gorontalo, Irjen Pol. Drs. Pudji Prasetijanto Hadi. M.H menerima kedatangan Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) di Polda Gorontalo Kamis (24/10/2024) terkait investigasi kecelakaan pesawat SAM Air (PK-SMH) yang jatuh di sekitar Bandara Panua Pohuwato, pada Sabtu, 19 Oktober 2024. Kecelakaan ini mengakibatkan seluruh penumpang dan awak pesawat meninggal dunia.

Dalam pertemuan tersebut, Tim KNKT melaporkan bahwa mereka telah berhasil menemukan Blackbox atau Cockpit Voice Recorder (CVR) dari pesawat yang mengalami kecelakaan. CVR ini menyimpan data percakapan dan suara di kokpit sebelum kecelakaan terjadi. Tim KNKT menyatakan bahwa analisis terhadap CVR akan segera dimulai untuk mengungkap faktor-faktor yang menyebabkan jatuhnya pesawat tersebut.

Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Drs. Pudji Prasetijanto Hadi. M.H menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban dan menegaskan komitmen penuh untuk mendukung kelancaran proses investigasi. Polda Gorontalo siap bekerja sama dengan KNKT, termasuk dalam hal pengamanan lokasi kecelakaan serta dukungan teknis yang diperlukan oleh tim investigasi.

“Kami turut berduka cita atas musibah yang menimpa pesawat SAM Air di Bandara Pohuwato pada 19 Oktober 2024. Kami juga berharap hasil investigasi dapat segera terungkap sehingga penyebab kecelakaan ini menjadi lebih jelas, memberikan kepastian bagi keluarga korban.” terang Kapolda Pudji

Proses investigasi ini diharapkan dapat memberikan jawaban yang jelas terkait tragedi tersebut serta langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah insiden serupa terjadi kembali.

Penulis : Alan

Copyright © Bid. Humas Polda Gorontalo 2024. | Newsphere by AF themes.