27 Oktober 2024

Selama Tahap Kampanye, Satgas OMP Polda Gorontalo Di Tuntut Netralitas Dalam Mengamankan Pilkada 2024

Tribratnews.gorontalo.polri.go.id-Dalam tahapan kampanye Pilkada, salah satu tugas krusial yang diemban oleh aparat keamanan, khususnya Satuan Tugas Operasi Mantap Praja Polda Gorontalo, adalah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama proses demokrasi berlangsung. Rabu 23/10/2024

Netralitas yang dimaksud adalah sikap dan tindakan tidak memihak kepada pasangan calon mana pun serta tidak terlibat dalam aktivitas yang bisa menimbulkan persepsi keberpihakan. Satgas OMP Polda Gorontalo memiliki peran penting dalam memastikan setiap tahap Pilkada, termasuk kampanye, berlangsung sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh KPU dan tidak ada gangguan keamanan.

Di terangkan Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Desmont Harjendro AP., SIK.,MT mengatakan pada tahap kampanye, potensi terjadinya konflik politik sering kali meningkat karena persaingan antar calon yang semakin ketat. Oleh karena itu, Satgas OMP bertugas untuk mengawasi dan mengamankan setiap kegiatan kampanye yang dilakukan di berbagai wilayah.

” Polri khususnya Satgas OMP di Polda Gorontalo harus memastikan bahwa setiap pihak, baik calon maupun pendukungnya, dapat menyuarakan aspirasinya secara damai tanpa adanya provokasi atau tindak kekerasan,” ujarnya.

Tak hanya itu netralitas aparat keamanan dalam Pilkada merupakan salah satu syarat utama yang menentukan kredibilitas dan keberhasilan proses demokrasi.

” setiap anggota Satgas OMP harus mengedepankan profesionalisme dalam bertugas, tidak terlibat dalam politik praktis, dan tidak memihak kepada salah satu calon,” pungkasnya.

Selain itu, dengan komitmen terhadap netralitas dan profesionalisme, diharapkan Satgas OMP Polda Gorontalo dapat mewujudkan Pilkada damai yang bebas dari konflik serta terhindar dari intervensi pihak keamanan. Netralitas bukan hanya soal tidak memihak, tetapi juga tentang menjaga kepercayaan publik terhadap integritas proses demokrasi.

” Keberhasilan Pilkada yang aman dan damai tentu menjadi tanggung jawab bersama, termasuk peran penting Satgas OMP Polda Gorontalo dalam memastikan keamanan dan ketertiban selama tahapan kampanye hingga pemilihan berlangsung,” imbuhnya.

Karim

Copyright © Bid. Humas Polda Gorontalo 2024. | Newsphere by AF themes.