28 Oktober 2024

Berikan Rasa Aman Kepada Masyarakat Saat Pilkada, Satgas OMP Tingkatkan Pengamanan Kampanye

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id-Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) merupakan momen penting dalam demokrasi yang menentukan arah kepemimpinan di daerah. Setiap pelaksanaan Pilkada, terutama pada tahap kampanye, menjadi perhatian besar bagi semua pihak, terutama aparat keamanan. Dalam hal ini, Satuan Tugas Operasi Mantap Praja Polda Gorontalo memiliki peran krusial dalam menjaga stabilitas keamanan serta memberikan rasa aman kepada masyarakat, Jumat/18/10/2024.

Potensi gangguan keamanan selama masa kampanye sangat beragam, mulai dari gesekan antar pendukung pasangan calon, provokasi di media sosial, hingga tindak kekerasan yang dapat mencederai proses demokrasi. Oleh karena itu, pengamanan yang ketat dan terstruktur menjadi kebutuhan mendesak.

” Satgas OMP adalah satuan yang dibentuk khusus untuk mengamankan jalannya Pilkada di seluruh daerah di Indonesia. Melalui Operasi Mantap Praja, berbagai langkah taktis diambil untuk memastikan kampanye berlangsung dengan tertib dan damai,” ujarnya.

Lanjut Kabid Humas Kombes Pol Desmont Harjendro AP.,SIK.,MT menyampaikan selain mengamankan jalannya kampanye, Satgas OMP juga bertanggung jawab untuk memastikan distribusi logistik Pilkada, seperti surat suara dan kotak suara dengan aman. Keamanan logistik sangat penting agar tidak terjadi manipulasi atau sabotase yang dapat mencederai integritas Pilkada.

Lebih lanjut edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kedamaian selama Pilkada dilakukan melalui berbagai saluran, baik secara langsung maupun melalui media massa dan media sosial. Dengan adanya pemahaman yang baik, diharapkan masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu negatif.

” Dengan peningkatan pengamanan selama kampanye, penegakan hukum terhadap pelanggaran, serta edukasi kepada masyarakat, rasa aman di tengah masyarakat dapat tercipta. Partisipasi semua pihak, termasuk aparat keamanan, pemerintah, dan masyarakat, sangat diperlukan agar Pilkada tidak hanya menjadi ajang pemilihan, tetapi juga pesta demokrasi yang damai dan berkualitas,” tutupnya.

Karim

Copyright © Bid. Humas Polda Gorontalo 2024. | Newsphere by AF themes.