28 Oktober 2024

Pilkada Serentak 2024: Satgas Operasi Mantap Praja Menjadi Garda Terdepan Pengamanan Kampanye

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id- Untuk memastikan proses demokrasi ini berjalan dengan aman, tertib, dan damai, peran pengamanan sangatlah krusial. Salah satu garda terdepan dalam menjaga stabilitas selama masa kampanye adalah Satuan Tugas Operasi Mantap Praja Polda Gorontalo, yang bertugas mengamankan seluruh rangkaian kegiatan kampanye, Minggu 13/10/2024.

Satgas OMP dibentuk untuk menangani pengamanan dalam setiap event politik besar, termasuk Pilkada Serentak 2024. Dalam operasi ini, Personel yang bertugas melakukan pengawasan dan pengendalian selama masa kampanye, memastikan agar setiap kegiatan berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tidak menimbulkan gangguan keamanan.

” Berbagai tantangan pengamanan yang dihadapi oleh Satgas OMP di antaranya adalah potensi konflik antarpendukung calon kepala daerah, hingga penyebaran berita hoaks yang dapat memicu kerusuhan. Oleh karena itu, peran Satgas tidak hanya bersifat represif, tetapi juga preventif. Melalui kerja sama dengan berbagai pihak, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan organisasi masyarakat, Satgas OMP berupaya mencegah potensi konflik sejak dini,” ujar Kabid Humas.

Kabid Humas Kombes Pol Desmont Harjendro AP.,SIK ,MT mengatakan bahwa Satgas OMP melakukan strategi pengamanan yakni Patroli dan pengawasan ketat dan patroli secara rutin di titik-titik yang dianggap rawan terjadi gesekan, terutama di wilayah yang dikenal memiliki riwayat konflik politik. Selain itu, pengawasan terhadap kegiatan kampanye dilakukan dengan baik untuk memastikan agar semua pihak mengikuti aturan yang ditetapkan oleh KPU dan Bawaslu.

” Pendekatan Persuasif dan Humanis
Tidak hanya mengandalkan pendekatan militeristik, Satgas OMP juga menerapkan pendekatan persuasif dan humanis dalam pengamanan Pilkada. Terlihat pula Personel yang terlibat berusaha membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat dan para pendukung calon, guna menciptakan suasana kampanye yang kondusif dan damai,” imbuhnya.

Selain itu, peran aktif masyarakat dalam menjaga ketertiban selama kampanye juga sangat penting. Khususnya warga Gorontalo diharapkan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang tidak benar serta berperan aktif melaporkan jika terjadi pelanggaran aturan selama kampanye.

” Satgas Operasi Mantap Praja (OMP) menjadi garda terdepan dalam pengamanan Pilkada Serentak 2024, memainkan peran vital dalam memastikan proses demokrasi ini berlangsung aman dan tertib. Dengan berbagai strategi pengamanan yang telah dipersiapkan, termasuk pendekatan persuasif, pengawasan ketat, dan penggunaan teknologi informasi, diharapkan suasana kampanye dapat berjalan damai, dan Pilkada Serentak 2024 menjadi momen demokrasi yang sukses,” tutupnya.

Karim

Copyright © Bid. Humas Polda Gorontalo 2024. | Newsphere by AF themes.