10 Agustus 2022

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Inilah Bentuk Keberhasilan Bhabinkamtibmas Dalam Melakukan Problem Solving Pada Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Berbagai upaya yang dilakukan oleh personel Bhabinkamtibmas di daerah binaannya untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif. Tidak itu saja, personel tersebut tidak jarang menjadi konsultan untuk pemecahan masalah terjadi di wilayah kerjanya.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Bripka Kisman Ismail yang juga sebagai Bhabinkamtibmas kelurahan Pentadu kecamatan Paguat kabupaten Pohuwato yang melaksanakan mediasi permasalahan selisih paham yang terjadi di Lingk Teladan Kel. Pentadu Kec. Paguat antara Lk. Miman dengan Lk. Uun, Jum’at 06 Oktober 2017.

Kronologi kejadiannya berawal dari Berawal dari anak dari Lk. Uun yang hendak membeli nasi kuning diwarung milik Ibu One. Pada saat itu Lk. Miman sedang makan nasi kuning diwarung tersebut. Kemudian datang anak tersebut dan mengucapkan Salam “Assalamalaikum”, kemudian di balas salam tersebut oleh Lk. Miman “wa alaikumsalam”, Bagi anda. Oleh karena anak dari Lk. Uun agak terganggu pendengaranya maka anak tersebut bahwa Kata BAGI ANDA, disangkanya menjadi BABI ANDA, oleh karena itu anak tersebut melaporkan hal itu kepada ayahnya Lk. Uun, Sehingga Lk. Uun segera mendatangi Lk. Miman dan terjadi perdebatan adu mulut antara keduanya yang hampir saja terjadi perkelahian. Namun untungnya warga setempat melerai keduanya, kemudian dilaporkan ke Polsek Paguat tentang permasalahan tersebut.

Mendengar kejadian tersebut, Bhabinkamtibmas Brigadir Kisman segera mempertemukan kedua belah pihak untuk di mediasi dan diberikan pesan Kamtibmas kepada mereka apabila terjadi suatu permasalahan, agar diselesaikanlah secara baik-baik, karena ini hanya soal kesalah pahaman saja.

Setelah di mediasi, kedua belah pihak sudah menyadari kesalahan mereka masing-masing dan berakhir damai sambil berpelukan, serta berjanji tidak akan mempermasalahkan masalah ini lagi.

Penulis         : Fandi

Editor           : Alfian

Publish         : Fandi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x