26 Oktober 2024

Personil Ops Zebra Otanaha 2024 Berikan Teguran dan Edukasi kepada Pengguna Sepeda Listrik di Jalan Raya

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Personel Ditlantas Polda Gorontalo yang tergabung dalam Operasi Zebra Otanaha 2024 berikan teguran dan edukasi kepada pengguna sepeda listrik di jalan raya. Fokus utama operasi ini adalah menertibkan para pengendara yang tidak mematuhi aturan lalu lintas, termasuk pengguna sepeda listrik yang seringkali melanggar ketentuan keselamatan di jalan.Selasa(22/10/2024)

Beberapa pelanggaran yang kerap ditemui antara lain pengguna sepeda listrik yang tidak memakai helm, melintas di jalan raya utama yang seharusnya diperuntukkan bagi kendaraan bermotor, dan tidak dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan seperti lampu dan reflektor. Personel di lapangan memberikan teguran lisan serta edukasi keselamatan berkendara.

Kasatgas Preemtif AKBP Mashar Torada, S.E., S.H., M.H., menyampaikan bahwa sepeda listrik seharusnya hanya digunakan di dalam kawasan yang lebih aman seperti kompleks perumahan, bukan di jalan raya yang ramai dengan kendaraan bermotor.

“Harusnya sepeda listrik hanya digunakan di dalam kompleks perumahan atau area tertutup lainnya. Mengendarai sepeda listrik di jalan raya sangat berisiko, karena kendaraan ini tidak didesain untuk kondisi lalu lintas yang padat dan cepat,” ujar Torada.

Mashar menambahkan bahwa banyak pengguna sepeda listrik yang belum memahami peraturan, sehingga penting untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat. Ia berharap, melalui Ops Zebra Otanaha 2024 ini, pengguna sepeda listrik akan lebih disiplin dan sadar akan aturan keselamatan demi menghindari potensi kecelakaan.

Penulis : Alan

Copyright © Bid. Humas Polda Gorontalo 2024. | Newsphere by AF themes.