22 Februari 2024

Unit K-9 Samapta Polda Gorontalo, Asah Kemampuan Penciuman Satwa Terhadap Narkotika

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Keberadaan anjing pelacak atau unit K-9 membantu polisi dalam melaksanakan tugas penyelidikan dan keamanan. Tak sembarang anjing dipilih untuk menjadi unit K-9. Perlu proses seleksi dan latihan khusus untuk membentuk kemampuan anjing tersebut.

Olehnya dalam mengasah kemampuan satwa, Unit K-9 Samapta Polda Gorontalo menggelar latihan bagi anjing pelacak yang dilaksanakan di lingkungan Mapolda Gorontalo, Senin (20/11).

Brigadir Meldry Sandy selaku pelatih satwa mengatakan, tugas unit K-9 dibagi menjadi empat jenis yaitu pelacakan narkoba, pelacakan bahan peledak, pelacakan kriminal umum, dan pengendalian masa (dalmas). 

Ia mengatakan, setiap hari unit K-9 dilatih agar kemampuannya tak menurun. Karena tugasnya yang beranekaragam, latihan yang diberikan untuk para anjing pelacak pun tak sama. 

“Seperti halnya pada kali ini, satwa dilakukan latihan penciuman untuk mencari bahan narkotika dengan metode point to point,” ucapnya.

Lanjutnya, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih kemampuan satwa dalam mendeteksi bahan narkotika terutama saat melakukan tugas di lapangan.

“Kedepan tantangan tugas akan semakin berat, olehnya kegiatan rutin personel unit satwa dalam membantu tugas pokok kepolisian akan terus ditingkatkan,” pungkasnya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x