28 September 2023

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Kapolsek Kawasan Bandara Djalaluddin, Iptu Ismet Ishak

NYAMBI JUALAN DURIAN, IPTU ISMET ISHAK : ASALKAN HALAL DAN TIDAK MENINGGALKAN TUGAS SEBAGAI ANGGOTA POLRI

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id Adalah Ismet Ishak, seorang Perwira Pertama (Pama) Polda Gorontalo dengan pangkat Inspektur Polisi Satu (Iptu) yang dipercayakan menduduki jabatan sebagai Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Bandara Djalaluddin.

Ia cukup dikenal pasca dirinya viral menjadi Bhabinkamtibmas di Bone Bolango enam tahun silam (2017) saat dirinya masih berpangkat bintara. Meski sekarang telah dianugerahi pangkat perwira dengan jabatan yang cukup mentereng di institusi kepolisian, namun tak merubah kepribadian Ismet yang low profile.

Hidup tanpa gimmick (pencitraan) telah mandarah daging di nadi kehidupannya. Jiwa raga, harta benda, pangkat dan jabatan, telah ia darmabaktikan kepada institusi Polri dan masyarakat.

Betapa tidak, Ismet yang pernah bertugas di Satuan Reserse selama 15 tahun tersebut sekarang ini memiliki kesibukan lain. Selepas dia bertugas sebagai Kapolsek Bandara Djalaluddin, Isimu, dirinya nyambi jualan buah durian di Desa Keramat tak jauh dari alun alun Kecamatan Tapa, Bone Bolango.

Usut punya usut, Durian tersebut di tengkulaki Ismet dari warga binaannya yang berada di desa Mongi’ilo Utara dan Ilomata, tempat ia bertugas sebagai Bhabinkamtibmas waktu itu.

“Silaturahmi saya dengan warga disana tak pernah putus. Saya berusaha beli hasil panen kebun mereka (durian) untuk saya jual Kembali”.

Perwira Jebolan SIP tahun 2018 itu mengatakan jika hasil ke untungan dari jualan durian itu, sebagian buat kebutuhan keluarganya dan sebagian lagi di belanjakan beli Sembako.

“Kebetulan momen ini menjelang bulan Ramadhan, jadi Sembako saya beli untuk dibagikan kepada para fakir miskin. Setidaknya dapat meringankan beban mereka menyambut datangnya bulan suci ini”, imbuhnya.

Jualan durian ternyata sudah sejak lama dilakoni Ismet saban kali musim durian.

“Disaat berjualan itulah saya gunakan kesempatan untuk memberikan nasehat atau pesan pesan Kamtibmas kepada masyarakat sekitar atau pembeli”.

Tentang kapasitasnya sebagai seorang Kapolsek, Ismet menanggapinya dengan santai.

“Kan ga ada salahnya kita jualan, asalkan dengan cara yang halal dan tidak melupakan kewajiban sebagai sorang anggota Polri”, tutup Ismet yang juga pernah sukses membangun Masjid dengan sumber dana yang di prakarsainya melalui turnamen sepak bola dengan tema olah raga sambal beramal itu.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono, SIK menyampaikan apresiasi yang cukup tinggi atas apa yang dilakukan oleh anggotanya.

Wahyu menilai, apa yang dilakukan oleh anggotanya sungguh mulia, meski nyambi jualan durian, dia tidak meninggalkan tugasnya sebagai anggota Polri.

“Menyampaikan pesan pesan Kamtibmas kepada warga sekitar dan pembeli saat jualan, itu luar biasa. Dan hal ini patut menjadi contoh kepada seluruh personil Polda Gorontalo”, tutup Alumnus Akpol 98 itu.

Penulis : Donsi

Publish : Donsi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x