HOEGENG AWARD 2023, KABID HUMAS WAHYU : AYO…DAFTARKAN ANGGOTA POLISI DI DILINGKUNGAN ANDA

Dalam rangka memacu semangat anggota dilapangan untuk senantiasa berbuat baik dalam melakukan tugas pengabdian dengan tulus dan bersungguh sungguh, kembali Kepolisian Negara Republik Indonesia menyelenggarakan Hoegeng Award 2023.

Terkait hal itu, Kabid Humas Polda Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono,SIK menghimbau kepada seluruh masyarakat Gorontalo agar mendaftarkan anggota Polri yang berada disekitarnya berdasarkan kriteria yang telah di tentukan oleh Mabes Polri.

“Untuk Tahun 2023, Hoegeng Award terdiri dari lima kategori, masing masing Kategori Polisi Beritegritas, Polisi Inovatif, Polisi Berdedikasi, Polisi Pelindung Perempuan dan Anak serta Polisi Tapal Batas dan Pedalaman”.

Wahyu juga mengatakan, jika Hoegeng Award 2023 ini bisa diikuti oleh seluruh masyarakat dengan kriteria penjurian antara lain, anggota Polri aktif, tidak memiliki catatan negatif data internal Polri, memiliki impact atau dampak terhadap masyarakat luas, memiliki citra Positif di mata masyarakat sekitarnya serta berintegritas dalam menjalankan prinsip prinsip Presisi.

“Bagi masyarakat yang mempunya kandidat yang memenuhi syarat ketentuan, bisa mendaftarkan diri melalui link http://dtk.id/hoegengawards2023 dengan melampirkan Nama Lengkap, Alamat Email, Nomor HP, Tempat Berdinas. Jika memungkinkan sertakan foto dan video”.

Setelah tervalidasi lanjut lagi Wahyu menerangkan, pihak Detikcom akan memberitakan secara selektif dan akan melalui proses seleksi hingga 10 besar terbaik dengan melibatkan tim ahli dari institusi kredibel di luar Polri.

Wahyu berharap, dengan terpilihnya Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus,SIK,M.Si,MM yang saat itu menjabat Kapolda Gorontalo sebagai peraih penghargaan di kategori Polisi Berintegritas pada ajang Hoegeng Award 2022 tahun kemarin, menjadi inspirasi bagi masyarakat Gorontalo untuk dapat memberikan penilaian dan ikut dalam ajang Hoegeng Award 2023 kali ini.

“Dari 10 besar kandidat terpilih, akan dibuatkan profil dan akan disaring menjadi tiga pemenang lewat polling pembaca”, tutup alumnus Akpol 98.

Seperti diketahui Hoegeng Award 2023 terbagi atas Lima Kategori masing masing :

Polisi Berintegritas.
Penekanan kategori ini adalah pada kejujuran dan profesionalitas dari seorang anggota polisi tersebut. Sikap sepenuhnya melayani masyarakat tanpa pandang bulu, tanpa membedakan status sosial menjadi poin kunci. Selain itu, ada kriteria-kriteria lainnya yang tak kalah penting seperti kewajaran harta, sikap antigratifikasi dan juga profesionalitas dalam bertugas.

Polisi Inovatif.
Untuk kategori ini, titik tekannya pada hasil inovasi yang dilakukan oleh anggota polisi. Kriteria yang masuk dalam kategori ini ditekankan kepada produk inovasi baik berupa kebijakan maupun program, dampak inovasinya, dan seberapa besar apresiasi lingkungan kerjanya ataupun masyarakat terhadap inovasi tersebut.

Polisi Berdedikasi.
Kategori ini menitikberatkan pada dedikasi ekstra yang diberikan anggota polisi, baik secara ekstra dalam pengabdian di dalam tugas, maupun memberikan pengabdian ekstra di luar tugas utamanya sebagai abdi negara. Penilaiannya meliputi dedikasi di dalam tugas internal, dedikasi dengan inisiatif sendiri membantu masyarakat di luar tugas dan seberapa besar apresiasi yang diberikan masyarakat kepada anggota polisi Terkait.

Polisi Pelindung Perempuan dan Anak
Merupakan anggota polisi yang memiliki aksi nyata dalam melakukan perlindungan atau pengayoman terhadap Perempuan, anak-anak, lansia, dan kelompok rentan lainnya. Perlindungan dan pengayoman yang diberikan bisa dalam bentuk perlindungan langsung, maupun dengan upaya penegakan hukum yang berpihak kepada kepentingan kelompok rentan tersebut.

Polisi Tapal Batas dan Pedalaman
Merupakan kategori untuk anggota Polisi yang memiliki Pengabdian dan dedikasi tinggi kepada masyarakat yang ada dipedalaman maupun di daerah terluar. Penekanannya bukan hanya pada daerah terluar atau perbatasan namun juga pada daerah pedalaman Indonesia.

Penulis : D01751

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x