Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

PAPARAN PROGRAM RENJA TAHUN 2023, KAPOLDA HELMY BERHARAP PARA KASATKER/KASATWIL LAKSANAKAN TUGAS SECARA OPTIMAL

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id- Polda Gorontalo,“Dengan dipaparkannya Program Rencana Kerja (Renja) Tahun 2023, saya berharap agar setiap Kasatker maupun Kasatwil dapat memahami dan menganalisa DIPA yang telah diterima dan dapat menggambarkan atau menyusun sebuah perencanaan berdasarkan kontrak kinerja”.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Irjen Pol. Helmy Santika, SH,SIK,M.Si melalui Wakapolda Brigjen Pol. Drs. Pudji P. Hadi,MH saat menutup kegiatan Paparan Program Renja Polda Gorontalo Tahun 2023 yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 18 hingga 19 Januari 2023 yang dihadiri oleh seluruh PJU, Para Kapolres di Aula Mako Dit Lantas serta diikuti oleh para Kapolsek jajaran via Zoom Meeting.
Lebih lanjut lagi Jenderal bintang satu itu menyampaikan, jika tujuan dilaksanakannya kegiatan paparan Renja dimaksud, adalah terwujudnya transparansi tata kelola keuangan maupun kinerja yang baik di tubuh Polri.

Ia juga berharap agar dalam pengelolaan anggaran, seluruh Satker maupun Satwil dapat menggunakan secara optimal.

“Dengan adanya kegiatan ini, seluruh anggota dapat mengetahui jumlah DIPA maupun PAGU yang berada di Satker dan Satwil masing masing.”

Hal senada pula disampaikan Irwasda Polda Gorontalo KBP. Herry Purnomo.

Menurutnya, Berkaitan dengan kesiapan atau tata kelola anggaran, agar setiap Satker maupun Satwil dapat melakukan perbaikan dibidang perencanaan terlebih dahulu. Dalam hal ini adalah RKAKL yang terima, tentunya harusnya dilakukan review secara teliti sebagai bentuk pengendalian dan optimalisasi dalam hal revisi anggaran.

“Karena apa yang kita terima sekarang ini, belum tentu sesuai dengan apa yang akan dilaksanakan”.

Herry juga menekankan agar segera membuat Juknis Petunjuk Teknis (Juknis) atau pedoman operasional kegiatan sebagai dasar pelaksanaan tugas, dan dapat melakukan pembayaran tepat waktu atas pekerjaan yang telah selesai.

Karena menurut penyandang tiga melati di pundak itu, proses percepatan pembayaran tepat waktu atas pekerjaan yang telah dilaksanakan tersebut, dapat mempengaruhi penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA).

“Optimalkan penyerapan anggaran secara proporsional sesuai dengan Rengiat dan rencana penarikan anggaran yang sudah dibuat oleh masing masing Satker maupun Satwil”, tutup Herry.

Penulis : D01751

Editor : Jenry

Publish : Karim

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x