6 Desember 2022

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

MULAI HARI INI POLDA GORONTALO GELAR OPERASI ZEBRA OTANAHA-2022


Senin (3/10/2022) pukul 08.00 Wita, bertempat di Lapangan Upacara Markas Kepolisian Daerah Gorontalo berlangsung kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Otanaha-2022 yang dipimpin langsung oleh Kapolda Irjen Pol. Helmy Satika,S.H., S.I.K., M.Si. Turut hadir dalam kegiatan ini, Danrem 133/WB, Wakapolda, Wakil Ketua II DPRD Provinsi, Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Gorontalo, Asisten Pembinaan Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Asisten III Setda Provinsi Gorontalo ,Danlanal Gorontalo, Dansat Radar 22 Kwandang, Pejabat Utama Polda Gorontalo, Para Kapolres, Kepala Jasa Raharja, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXI Gorontalo serta stakeholder bidang lalu lintas lainnya.

Dalam amanatnya Kapolda Helmy mengatakan bahwa Operasi Zebra Otanaha 2022 dilaksanakan selama 14 (empat belas) hari terhitung mulai hari ini tanggal 3 sampai dengan tanggal 16 Oktober 2022.

“Polda Gorontalo dan Polres jajaran dengan didukung instansi terkait melaksanakan operasi kepolisian kewilayahan Zebra Otanaha -2022 selama 14 (empat belas) hari terhitung mulai tanggal 3 sampai dengan 16 Oktober 2022 diseluruh wilayah Provinsi Gorontalo dengan mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasive serta humanis didukung penegakkan hokum secara elektronik/teguran simpatik dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polri dengan tetap menerapkan protocol kesehatan Covid19,”Katanya.

Helmy menjelaskan bahwa ada 7(tujuh) sasaran prioritas dalam kegiatan operasi zebra otanaha 2022 antara lain pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi kendaraan bermotor yang masih dibawah umur, pegemudi atau pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari 1(satu) orang, pengemudi sepeda motor yang tidak menggunakan Helm SNI dan pengemudi mobil yang tidak menggunakan safetybelt, pengemudi kendaraan bermotor yang dalam pengaruh atau konsumsi minuman keras/alcohol, pengemudi kendaraan bermotor yang melawan arus serta pengemudi kendaraan bermotor yang melebihi batas kecepatan.

“Tujuan dilaksanakan operasi Zebra Otanaha 2022 ini adalah untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas melalui kegiatan-kegiatan edukatif, persuasif dan humanis, untuk penegakkan hukum menjadi alternative terakhir,”Jelas jendera bintang dua tersebut.

Sementara itu Direktur Lalu Lintas Polda Gorontalo Kombes Pol. Arif Budiman, S.H., SIK dalam keterangannya mengatakan bahwa dalam pelaksanaan operasi Zebra Otanaha 2022 melibatkan 286 personel baik Polda dan Polres jajaran.

“Kegiatan operasi zebra otanaha ini kita melibatkan 286 personel terdiri dari 65 orang Polda, 35 orang personel Polres Gorontalo Kota, 30 orang personel Polres Gorontalo, 35 orang personel Bone Bolango, 35 orang personel Polres Boalemo, 35 orang Personel Polres Pohuwato dan56 personel Polres Gorontalo Utara, mudah-mudahan dengan kegiatan operasi zebra otanaha yang kita laksanakan selama 14 hari kedepan dapat mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah Provinsi Gorontalo dan yang terpenting dapat tercipta kesadaran masyarakat dan disiplin dalam berlalu lintas di jalan,”Terang Arif.

Penulis : WTC

Editor : Jenry

Publish : Karim

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x