6 Desember 2022

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Kapolda Gorontalo Jadi Inspektur Upacara Pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Helmy Santika, S.H., S.I.K. M.Si memimpin upacara peringatan Hari Kesakatian Pancasila yang di peringati setiap tanggal 1 Oktober di Lapangan Upacara Polda Gorontalo. Sabtu, (01/10).

Dalam pelaksanaan upacara tersebut turut dihadiri Wakapolda Gorontalo, Auditor TK. III, Pejabat Utama, anggota Polda Gorontalo dan PNS Polri serta Ketua Bhayangkari Daerah.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dapat dijadikan momentum untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang cenderung mulai luntur. Nilai-nilai utama dalam butir-butir pancasila bisa dimaknai sebagai semangat untuk membangun kembali jati diri bangsa.

Upacara yang dimulai pukul 07.00 Wita ini diawali dengan pembacaan teks Undang-Undang Dasar 1945, Teks Pancasila dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, utamanya para pahlawan-pahlawan revolusi, mengheningkan cipta mulai,” ujar Helmy Santika

Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono, S.I.K. menyampaikan bahwa Upacara peringatan ini sebagai bentuk penghormatan kepada para Pahlawan atas peristiwa G30S/PKI. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai momentum untuk mengenang sejarah atas peristiwa yang terjadi pada tahun 1965 lalu.

“Gerakan 30 September 1965 dinilai sebagai hari dimana Pancasila memiliki kesaktian yang tak tergantikan oleh paham apapun. Oleh sebab itu tidak bisa dirusak ataupun diubah oleh PKI”,kata Wahyu

Untuk diketahui Kemendikbudristek telah mengeluarkan pedoman hari Kesaktian Pancasila dengan tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”, tema ini menjadi slogan pada pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022.

Penulis : Alex

Editor : Jenry

Publish : Randi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x