11 Desember 2023

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

CEGAH PENULARAN PMK, PERSONEL POLSEK BATUDAA LAKUKAN SOSIALISASI KEPADA WARGA

Guna mencegah adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Personel Polsek Batudaa Polres Gorontalo melaksanakan sosialisasi kepada warga yang memiliki hewan ternak sapi . Kamis (29/09/2022).

Pada kegiatan tersebut, Brigadir Ronald mensosialisasikan kepada warga di Dusun 2 Desa Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dan menyampaikan agar mengenali beberapa gejala Penyakit Mulut dan Kuku yang menyerang hewan ternak seperti adanya lepuh berisi cairan atau luka yang terdapat pada lidah, gusi, hidung dan kuku yang terinfeksi, hewan tidak mampu berjalan (pincang), Air liur berlebih, dan hilang nafsu makan dari hewan ternak.

“Kami sampaikan agar memperhatikan hewan ternaknya terkait gejala-gejala adanya penyakit Mulut dan Kuku,” ucapnya

Ronald juga menyarankan kepada pemilik hewan ternak untuk rutin memeriksa kondisi kesehatan hewan ternaknya dan bila perlu dilakukan vaksinasi hewan, serta memperhatikan pakan yang diberikan dan kebersihan kandang.

“Untuk hewan ternak agar dilakukan vaksinasi hewan, serta memperhatikan pakan yang diberikan dan kondisi serta kebersihan kandang,” katanya.

Lebih lanjut Ronald pun menghimbau kepada warga jika menemukan adanya indikasi hewan ternak terkena penyakit tersebut, segera melaporkan kepada aparat terdekat, sehingga dilakukan penanganan lanjut.

“Jika warga menemukan hewan ternak terindikasi penyakit tersebut, segera melapor kepada aparat terdekat untuk dilakukan penanganan secepatnya,” tutup Ronald.

Penulis : Arman

Editor : Jenry

Publish : Karim

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x