4 Februari 2023

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Tingkatkan Kinerja Polri, Polda Gorontalo Lakukan Sosialisasi Pembentukan Tim Pokja dan Pelatihan Input Data Indeks Tata Kelola Online Tahun 2022

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Karo Rena Polda Gorontalo Kombes Pol Suratno, S.I.K., M.Si. membuka kegiatan Sosialisasi Pembentukan Tim Pokja dan Pelatihan Input Data Indeks Tata Kelola Online Tahun 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ball Room Hotel Maqna pada Kamis (29/09) ini dihadiri oleh seluruh kasubbagrenmin Satker Polda dan Kabagren Polres jajaran serta masing-masing operatornya.

Good governance atau tata kelola pemerintahan yang baik terus diupayakan oleh setiap Kementerian/Lembaga dan Instansi Pemerintah baik di pusat maupun daerah. Tak terkecuali pada Institusi Polri. Biro Reformasi Birokrasi Polri (RBP) dibantu oleh tim peneliti dari Kemitraan membuat Pembaruan Tata Pemerintahan dengan cara melakukan pengukuran kinerja secara menyeluruh, baik di lingkungan internal maupun eksternal, dengan menggunakan 7 (tujuh) prinsip, yaitu kompetensi, keadilan, perilaku, transparansi, efektivitas, responsif dan akuntabilitas. Hal ini disampaikan langsung oleh Karo Rena Polda Gorontalo Kombes Pol Suratno, S.I.K., M.Si dalam sambutannya membuka giat tersebut.

“Tujuh Prinsip yang menjadi kerangka utama Indeks Tata Kelola pada Polri ini, dengan ratusan indikator objek pengukuran, akan diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan nilai akhir yang dapat menjadi rekomendasi dalam meningkatkan kinerja Polri secara keseluruhan. Mewujudkan Polri yang objektif, berkeadilan, dan akurat.” Tegasnya.

Pengukuran kinerja di seluruh satuan kerja dan satuan fungsi tingkat Polda dan Polres ini dilakukan dengan metode pengumpulan data objektif, observasi, dan persepsi yang berasal dari lingkungan internal maupun eksternal.

Pengumpulan data objektif dan observasi akan dilakukan dengan cara mengunggah dokumen ke dalam platform ITK Online oleh masing-masing operator satuan kerja dan satuan fungsi.

Sementara untuk data persepsi didapatkan dari informasi responden internal maupun eksternal Polri melalui platform kuesioner online. Pengumpulan data persepsi ini dilakukan oleh Peneliti lokal yang bertindak membantu Polri dalam mengambil data objektif. Peneliti lokal yang digunakan berasal dari pihak akademisi, jurnalis, Lembaga Swadaya Masyarakat ataupun Badan Pusat Statistik Daerah. Dengan keberadaan peneliti lokal diharapkan dapat membantu Polri dalam mengumpulkan responden dan menjaga objektifitas data persepsi tersebut.

Lebih lanjut Suratno mengajak setiap anggota Polri untuk memulai perubahan tata kelola ini dari diri sendiri.

“Untuk melakukan perubahan tata kelola yang lebih baik, mulailah dari diri sendiri. Untuk mengubah sesuatu yang besar, mulailah dari hal kecil. Sampai akhirnya akan berdampak pada satuan kerja dan organisasi,” Tutupnya.

Penulis : Melinda

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x