6 Desember 2022

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Sikapi Wabah PMK, Sat Binmas Polres Pohuwato Berikan Edukasi Ke Peternak Sapi

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Berbagai Langkah dari Polres Pohuwato sebagai antisipasi penyebaran wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) di wilayah Kabupaten Pohuwato.

Seperti halnya yang dilakukan Satuan Binmas Polres Pohuwato yang dilaksanakan oleh Kaur Bin Ops Binmas Ipda Vani Pio bersama Kanit Binpolmas Aipda Jani Apanto, yang melakukan pemantauan di kandang ternak sapi milik warga yang berada di desa Bulangita kec. Marisa kab. Pohuwato, Kamis (29/09).

Kaur Bin Ops Binmas Ipda Vani Pio mengatakan, adanya kasus PMK di berbagai wilayah maka pihaknya mengambil langkah antisipasi dengan melibatkan seluruh Bhabinkamtibmas Polsek jajaran untuk melakukan pemantauan di wilayah binaan.

“Menyikapi wabah PMK ini, kita juga melibatkan seluruh Bhabinkamtibmas untuk melakukan pengawasan terhadap peternak sapi yang ada di desa binaan mereka,” pungkasnya.

Dikatakannya juga, dalam mencegah adanya wabah PMK, para peternak sapi diimbau agar selalu menjaga kebersihan kandang dan memperhatikan pakan ternaknya.

“Kami imbau para peternak untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan menjaga nutrisi pakan ternaknya. Sehingga ternak tetap sehat dan terhindar dari wabah PMK,” ungkapnya

Disampaikan juga kepada mayarakat pemilik ternak, apabila menemukan tanda – tanda kurang sehat pada hewan ternaknya seperti diantaranya luka pada mulut dan kaki , serta mulut berbusa dan kurangnya nafsu makan pada hewan ternak, maka segera hubungi dokter hewan / mantri agar dapat dilakukan langkah antisipasi sedini mungkin.

“Selain itu agar masyarakat tidak mudah panik, wabah PMK pada ternak tidak dapat menular ke manusia. Selain itu PMK dapat diobati dan disembuhkan,” pungkasnya.

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x