Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

PERKUAT KINERJA BHABINKAMTIBMAS DI POLSEK HARKAMTIBMAS, DITBINMAS POLDA GORONTALO LAKSANAKAN ANEV

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Sesuai Keputusan Kepala Kepolisian Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo Nomor : Kep/613/III/2021 tanggal 23 Maret 2021 tentang penetapan Polsek Harkamtibmas, Dimana dalam keputusan tersebut, Kapolri menetapkan sebanyak 1.062 Polsek di jajaran Polda se Indonesia tidak bisa lagi melakukan penyidikan. Polsek yang ditunjuk ini hanya untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dari sekian Polsek yang ditetapkan terdapat 14 Polsek di wilayah hukum Polda Gorontalo, Dalam keputusan Kapolri ini, alasan Polsek tidak melakukan penyidikan adalah karena jarak tempuh Polsek dengan Polres yang dekat, dan juga karena sedikit menerima Laporan Polisi dalam setahun dimana memperankan Bhabinkamtibmas polsek dalam pembinaan Harkamtibmas dengan mengedepankan penyelesaian masalah (restorative juctice) .

Atas hal tersebut, Subdit Bhabinkamtibmas Direktorat Binmas Polda Gorontalo selaku pembina fungsi Bhabinkamtibmas turun melaksanakan kegiatan Analisa dan Evaluasi kinerja Bhabinkamtibmas di Polsek-polsek yang menjadi Polsek Harkamtibmas. Kamis 4 Agustus 2022, Tim Subdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda Gorontalo Dipimpin Oleh AKP Salihi Lihawa Puhi memulai kegiatan Anev kinerja Bhabinkamtibmas di wilayah Polres Boalemo dimana terdapat 2 Polsek Harkamtibmas yakni Polsek Dulupi dan Polsek Tilamuta.

Bentuk anev yang dilaksanakan yakni memeriksa administrasi Arsip Laporan Pelaksanaan Tugas Bhabinkamtibmas Kepada Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas terkait kinerja dalam penyelesaian masalah (Problem Solving), Tim juga membagikan kusioner kepada masyarakat sebagai responden untuk memberikan penilaian, saran, maupun kritik terhadap kinerja Bhabinkamtibmas selama bertugas.

“Untuk saat ini kami fokuskan dulu ke Polsek-polsek yang masuk di kategori Harkamtibmas dimana sudah ditiadakan lagi penyidikan, karna Polsek harkamtibmas lebih ditekankan lagi Giat Pre-Emtif dimana Bhabinkamtibmas sebagai unjung tombak, kami juga bagikan kusioner kepada responden masyarakat sendiri yang menilai bagaimana kinerja Bhabinkamtibmas dan hasilnya akan kami laporkan ke Pimpinan,‚ÄĚJelas AKP Salihi.

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x