Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

KAPOLDA GORONTALO IRJEN HELMY SANTIKA : MEDIA MEMILIKI KONTRIBUSI BESAR DALAM MENCIPTAKAN SITUASI KAMTIBMAS YANG AMAN DAN KONDUSIF SEHINGGA BERDAMPAK PADA KEMAJUAN PEREKONOMIAN DAERAH

Tribratanews.gorontalo.go.id -Polda Gorontalo, Kapolda Gorontalo Irjen Pol.Helmy Santika,SH.,SIK.,M.Si dalam kegiatan silaturohmi bersama para awak media mengatakan bahwa media memiliki kontribusi dalam memajukan perekonomian daerah.

”Media memiliki kontribusi besar dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang aman, tertib, nyaman dan sebagainya melalui pemberitaan yang menentramkan sehingga berdampak terhadap perputaran roda perekonomian dan itu yang merasakan bukan hanya polisi melainkan masyarakat dan juga para wartawan,”Kata Helmy.

Helmy mengisahkan pengalaman saat bertugas di Lampung, dimana ada salah satu media yang membuat judul berita secara bombastis yakni “Begal Kembali Marak” akibatnya masyarakat resah sehingga berpengaruh pada perekonomian masyarakat.

“Padahal saat itu hanya terjadi satu peristiwa begal di Lampung Utara, tetapi karena diberi judul bombastis “Begal Kembali Marak” sehingga menebarkan ketakutan di masyarakat, selanjutnya saya adakan pertemuan dengan para awak media untuk menyamakan persepsi memberikan situasi yang aman, nyaman, bagi masyarakat Lampung, saya tetap patroli, saya tetap menangkap pelaku dan para awak media memposting di medianya, dan dampaknya cukup besar, awalnya saya masuk di Lampung Utara pukul tiga sore sudah sepi, tetapi setelah itu masyarakat beraktifitas hingga pukul delapan malam dan roda perekonomian berjalan,” Terangnya.

Helmy berpesan agar para awak media memberitakan hal-hal yang baik tentang propinsi Gorontalo bukan menebarkan pemberitaan yang menakutkan.

“Sebagian besar rekan-rekan wartawan ini kan berasal dari Gorontalo,apabila kemudian membuat pemberitaan seakan-akan membuat takut orang terhadap Gorontalo bagi saya itu dosa, justru bagaimana membuat supaya oh Gorontalo itu bagus, Gorontalo itu indah,nyaman,tertib dan sebagainya sehingga membuat orang-orang pada datang, dengan banyaknya orang datang, perekonomian Gorontalo maju, ingat bahwa Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum melainkan kaum itu sendiri yang mengubahnya , jadi yang bisa mengubah Gorontalo ya kita yang ada disini ,”pesannya.

Selanjutnya Kapolda Helmy mengajak kepada seluruh awak media untuk bersinergi dengan jajaran kepolisian daerah Gorontalo dalam memberikan informasi yang mengedukasi masyarakat.

“Sekarang kita tinggal bersinergi tujuannya adalah memintarkan masyarakat, memberikan informasi yang valid dan melalui silaturohmi seperti ini, mudah-mudahan kita bisa saling berkontribusi baik itu kepentingan penyampaian informasi kepada masyarakat dan bagi kami sebagai sarana instropeksi, karena kami tidak anti kritik,”imbuh mantan kepala satgas pangan Bareskrim Polri tersebut.

Sebelumnya Kabid Humas Kombes Polda Wahyu Tri Cahyono,SIK dalam pengantar kata mengatakan bahwa maksud dan tujuan pertemuan Kapolda Gorontalo dengan para Awak Media adalah untuk perkenalan diri sekaligus menjalin silaturohmi dengan seluruh stakeholder.

“Maksud dan tujuan dilaksanakan pertemuan ini yang pertama adalah bapak Kapolda ingin berkenalan dan bersilaturohmi dengan seluruh stakeholder dan mitra kepolisian salah satunya adalah para awak media, yang kedua tentunya saya sangat berharap teman2 awak media mendukung semua program-program yang dijalankan oleh bapak Kapolda dalam rangka menjaga kondusifitas Propinsi Gorontalo dengan pemberitaan yang menyejukkan dan mengedukasi masyarakat,” Kata Wahyu.

Selajutnya Wahyu menambahkan bahwa keberadaan media sangat penting sebagai cooling system saat berlangsungnya pesta demokrasi yang akan datang.

“Sebentar lagi kita akan menghadapi pesta demokrasi dimana tentu terjadi polarisasi dukungan yang berpotensi menimbulkan konflik dan perpecahan di kalangan masyarakat, disinilah peran media diharapkan dapat hadir untuk menjaga situasi tetap dingin dan bisa mencegah terjadinya konflik, selain itu di era digital saat ini, media diharapkan mampu berperan sebagai counter dari informasi-informasi bersifat Hoax,”Jelasnya.

Diakhir penyampainnya Wahyu juga memgucapka terima kasih kepada seluruh awak media atas kerjasama dan partisipasinya dalam pemberitaan kegiatan polda dan Polrea jajaran.

“Terima kasih atas kerjasamanya selama ini dalam memberitakan kegiatan-kegiatan Polda dan Polres jajaran sekaligus saya juga minta maaf apabila dalam pelayanan informasi masih belum maksimal yang pasti saya terua melakukan anev untuk kedepan pelayanan kepada teman-teman awak media semakin baik” tutupnya.

Penulis :Birri

Editor : Jenry

Publish : Randi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x