10 Agustus 2022

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Irwil I Itwasum Polri Gelar Taklimat Awal Wasrik Tahap II di Polda Gotontalo

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Senin (21/08/2017) pukul 08.30 wita bertempat di Aula Titinepo Polda Gorontalo berlangsung kegiatan Taklimat Awal Pengawasan dan Pemeriksaan Tahap II Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian TA. 2017 di Polda Gorontalo dan Jajaran oleh Irwil I Itwasum Polri Brigjen Pol Drs Djamaluddin.

Kegiatan tersebut disambut langsung oleh Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs. Rachmad Fudail. MH serta dihadiri oleh Wakapolda Gorontalo Kombes Pol Drs. Hariono, Irwasda Kombes Pol Agus Supriyanto, SIK, Para Pejabat Utama, Para Kapolres, Para perwakilan dari satker yang akan menjadi obyek Wasrik Itwasum Polri.

Di awal sambutannya Kapolda Gorontalo menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ketua Tim dan rombongan, Kapolda berharap hasil pemeriksaan dari Itwasum Polri bisa menjadi bahan untuk peningkatan kinerja satker jajaran Polda Gorontalo.

Pada kesempatan tersebut Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs. Rachmad Fudail. MH juga memperkenalkan para pejabat satker jajaran Polda Gorontalo kepada Tim sekaligus menyampaikan berbagai program yang sudah dilaksanakan oleh Polda Gorontalo dan jajaran termasuk penyampaian program unggulan yaitu Pembangunan SPN Batudaa dimana dengan minimnya anggaran namun berkat kerjasama yang dibangun dengan pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat, para pengusaha maka Polda berhasil mendapatkan dukungan dan bantuan. Sehingga pembangunan SPN sudah bisa berjalan dengan target akhir tahun 2017 sudah selesai dan tahun 2018 siap operasional.”ungkapnya

Kapolda juga menyampaikan bahwa hasil wasrik internal dan eksternal tahun 2016 di jajaran Polda Gorontalo masih ditemukan adanya pengelolaan anggaran yang tidak tepat dalam mendukung kegiatan kepolisian namun demikian semua temuan tersebut sudah ditindaklanjuti dan diharapkan dengan kegiatan wasrik yang dilaksanakan ini akan bisa menjadikan pengelolaan anggaran semakin baik sehingga opini Polri Wajar Tanpa Pengecualian akan tetap bisa dipertahankan.

Selain itu adanya temuan wasrik tahun 2016 yang terdapat 167 temuan, diharapkan tahun 2017 terjadi penurunan yang artinya kinerja satker jajaran Polda Gorontalo semakin lama semakin baik.

Oleh karena itu Kapolda sangat berharap kepada tim wasrik Itwasum untuk bisa membantu dalam memberikan solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi polda Gorontalo dan jajaran.”tutup Kapolda Gorontalo

Selesai Kapolda memberikan sambutan, dilanjutkan dengan penyampaian Laporan Kesatuan oleh Karo Rena Kombes Pol Y. Budi Meidianto SIK.MH yang memberikan gambaran singkat tentang situasi dan kondisi baik internal maupun eksternal di wilayah Hukum Polda Gorontalo serta berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Polda Gorontalo dan jajaran.

Selanjutnya Irwil I Itwasum Polri Brigjen Pol Drs. Djamaluddin membacakan sambutan dari Irwasum Polri yang secara garis besar menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakan wasrik diantaranya untuk mengetahui tetang sejauhmana pelaksanaan program yang telah ditetapkan oleh Mabes Polri yang dilaksanakan oleh satuan tingkat bawah selain itu wasrik yang dilaksanakan merupakan bentuk pelaksanaan SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah).

Ketua tim berharap dalam pelaksanaan wasrik nantinya Obrik bisa terbuka kepada tim sehingga segala permasalahan bisa diketahui oleh Tim dan bisa diberikan solusi untuk perbaikan sehingga kedepan bisa lebih baik. Tim juga akan mengecek pelaksanaan 11 program prioritas Kapolri yang sudah dilaksanakan oleh Polda Gorontalo dan jajaran.

Selain itu program Polri (Polda Gorontalo) dalam mendukung pembangunan daerah salah satunya pengawasan penggunaan Dana Desa juga akan menjadi obyek pemeriksaan. Ketua Tim juga berharap bahwa tim yang dipimpinnya bisa bekerja secara profesional dan obyektif sehingga hasil temuan nantinya bisa menjadi bahan untuk perbaikan baik terhadap satker yang menjadi Obrik maupun untuk kebaikan Organisasi Polri pada umumnya.

Kabid Humas Akbp Wahyu Tri Cahyono,SIK  terkait kegiatan wasrik Itwasum Polri menjelaskan bahwa Itwasum Polri rutin melaksanakan  Wasrik setiap tahun yaitu sebanyak 2 kali. Tahap I tentang Perencanaan dan Pengorganisasian yang biasa dilaksanakan pada awal tahun dan sekarang ini merupakan Wasrik Tahap II yaitu Aspek Pengawasan dan pengendalian.

Wasrik yang dilaksanakan ini merupakan bentuk kontrol / Waskat dari Satuan Atas kepada satuan dibawahnya guna mengetahui sejauhmana pelaksanaan program-program yang telah digariskan/ditetapkan salah satunya pelaksanaan 11 program Prioritas Kapolri, Kapolda sangat berharap agar dalam pelaksanaan Wasrik Itwasum Tahun ini bisa berkurang temuannya dibanding tahun sebelumnya dengan demikian itu menandakan kinerja Polda Gorontalo dan jajaran semakin lama semakin baik, adapun jika ada temuan nantinya akan segera diperbaiki.”tambah Kabid Humas

Penulis         : Wahyu Tri Cahyono

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Firdha

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x