Polres Boalemo Berhasil Ringkus 2 Pelaku Penyeludupan Satwa Yang Dilindungi

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Kepolisian Resor Boalemo, Polda Gorontalo berhasil mengamankan Dua pelaku penyeludupan Puluhan Satwa yang dilindungi, Selasa (30/05).

Dikonfirmasi oleh Kapolres Boalemo Akbp Dadang Wijaya, SIK, MM, kedua pelaku yang diketahui berinisial WFA (31) dan I (26) merupakan warga desa Moncini Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan berusaha menerobos operasi rutin yang diakukan oleh satuan Lalu Lintas.

“Dari kecurigaan oleh anggota dilapangan, mobil Avanza warna putih milik pelaku berhasil dihadang oleh petugas, dan dari hasil pengecekan ditemukan muatan yang ternyata satwa-satwa yang di duga dilindungi,” ucapnya.

Lanjut Dadang, modus pelaku melakukan aksinya dengan cara mengelabui orang-orang dan petugas dengan cara menutup satwa-satwa tersebut dengan kain dan kardus di bagasi belakang mobil avanza.

“Jadi kedua pelaku ini berusaha menerobos masuk melewati operasi dengan alibi menutupi bawaan satwa yang dilindungi dengan menggunakan kain dan kardus,” ujar Dadang.

Saat dilakukan interogasi, pelaku mengungkapkan bahwa Satwa tersebut diangkut dari Makassar, Sulawesi Selatan, melalui jalur darat, dengan tujuan akhir ke Manado.

Dari Satwa yang berhasil diamankan petugas yakni 1 Ekor  Paranus indicus, 1 Ekor Biawak, 2 Ekor Salvodoris Togian, 1 Ekor Black Salva, 2 Ekor Salva Parinus (Biawak Pohon), 1 Ekor Varanus Macrea (Biawak Totol Biru), 2 Ekor Varanus Togean, 3 Ekor Varanus Dumerel, 1 Ekor Varanus Rudikolis, 1 Ekor Siamang, 1 Ekor Orang Utan, 5 Ekor Owa, 20 (dua Puluh)Ekor Kura-Kura Air, 7 Ekor Kura-Kura Damer Merah, 6 Ekor Kura-Kura Matahari, 1 Ekor Kura-Kura Kaki Gajah Besar dan 1 Ekor Kura-kura Kaki Gajah Sedang.

“Untuk keseluruhan Satwa, saat ini sudah dititipkan kepada BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Gorontalo dan dilakukan pemeriksaan oleh Ahli BKSDA, serta kedua pelaku sudah diamankan di Mapolres Boalemo, guna penyelidikan lebih lanjut,” tutup Dadang.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x