Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

POLSEK KOTA UTARA LAKSANAKAN DETEKSI DINI PENULARAN PENYAKIT FILARIASIS DAN HIV AIDS

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id-Polda Gorontalo, Bertempat di Kantor Kelurahan Dulomo Utara, Jl.Rusli Datau II, Kec.Kota Utara Kota Gorontalo, personel Polsek Kota Utara bersama Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melaksanakan pengambilan sampel darah untuk Deteksi dini penularan penyakit Filariasi dan HIV Aids. Rabu (18 /05/2022)

Kegiatan tersebut dihadiri Lurah Dulomo Utara Bizma Y.Habibie, Kabid P2PL Dikes Kota Gorontalo, Kepala Puskesmas Kota Utara, Kepala Puskesmas Kota Selatan, Kepala Puskesmas Dumbo Raya, dan Tenaga Kesehatan.

PLH Kapolres Gorontalo Kota Kombes Pol. Ferdiansyah, SIK., melalui Kapolsek Kota Utara IPTU Ricky P. Parmo, S.Hi., mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan agar penyakit filariasis (Kaki Gajah) dan HIV Aids dapat terdeteksi sedini mungkin sehingga tidak menimbulkan kecacatan.

“Sebanyak 81 orang yang berhasil diambil sampel darah dan menunggu hasil dari Dinas Kesehatan. Selain untuk menurunkan angka penyakit menular berbahaya ini, juga untuk memutus mata rantai penyebarannya,” ucapnya.

Diketahui penyakit filariasis ini disebabkan oleh infeksi cacing jenis filariasi pada pembuluh getah bening. Cacing ini dapat menular dari satu orang ke orang lain melalui gigitan nyamuk. Sedangkan HIV AIDS disebabkan melalui hubungan intim, penggunaan jarum suntik yang tidak steril secara bergantian, dan transfusi darah.

Penulis : Arman

Editor : Jenry

Publish : Karim

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x