Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Jamin Kelancaran Tradisi Lebaran Ketupat, Dir Lantas Polda Gorontalo Turun Langsung Lakukan Patroli dan PAM Jalur Lalu Lintas

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Kebudayaan merupakan sesuatu yang kompleks dimana di dalamnya mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, adat istiadat serta kemampuan lain serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Keragamaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia menjadikannya kaya akan tradisi yang telah ada sejak dahulu. Salah satu tradisi unik dan khas yang dimiliki oleh Indonesia yakni Lebaran ketupat yang berasal dari Gorontalo. Dimana Lebaran Ketupat merupakan perayaan yang dilaksanakan seminggu setelah Lebaran Idul Fitri.

Oleh karena itu, Dalam menjamin kelancaran arus lalu lintas pada perayaan Tradisi Lebaran Ketupat 2022 di Provinsi Gorontalo, Dir Lantas Polda Gorontalo Kombes Pol. Arief Budiman, SH, SIK melaksanakan Patroli & Pam jalur menggunakan kenderaan Roda dua (R2) disepanjang jalan Isimu Raya Kabupaten Gorontalo, Senin (09/05).

Arief menjelaskan, pengamanan sekaligus pemantauan arus lalu lintas di sepanjang jalan Isimu Raya Kabupaten Gorontalo ini merupakan langkah kepolisian dalam mengantisipasi adanya kemacetan pada perayaan Lebaran ketupat. Terlebih pada 3 tahun kemarin masyarakat diimbau untuk tidak melakukan kegiatan yang bersifat kerumunan akibat meningkatnya wabah COVID-19.

“Jadi dari 3 tahun kemarin, masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas yang mengundang banyak orang. Namun setelah adanya kelonggaran dari pemerintah untuk masyarakat, Lebaran ketupat kembali bisa dilaksanakan seperti biasa namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Arief, bagi masyarakat Gorontalo yang ingin merayakan Lebaran ketupat dan bersilaturahmi dengan sanak saudara atau kerabat diminta untuk tetap mematuhi himbauan atau arahan petugas di lapangan, salah satunya yang paling sederhana adalah tidak memarkirkan kendaraan di bahu jalan.

Penulis : Fandi

Editor : Jenry

Publish : Karim

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x