10 Agustus 2022

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

ANTISIPASI PENGAMANAN JELANG IDUL FITRI 1443 H, WAKIL GUBERNUR KAGUM LANGKAH KONGKRIT KAPOLDA GORONTALO

Tribratanews.gorontalo.go.id -Polda Gorontalo, Di balik tradisi mudik menjelang lebaran yang dianggap sebagai kearifan budaya bangsa Indonesia, terkuak tabir ketimpangan sosial yang luar biasa dimana mudik benar-benar menjadi sebuah fenomena, karena hasrat pemudik begitu menggebu-gebu yang ingin sampai ke kampung halaman bertemu sanak keluarga. Fenomena mudik terjadi karena sistem pemerintahan yang tersentralisasi, banyak perantau mengadu nasib ke kota untuk memperoleh pekerjaan, mereka kemudian menjadikan Lebaran sebagai waktu untuk rehat dan bersilaturahim bersama keluarga di kampung halaman.

Berangkat dari hal itu, fenomena sosial keagamaan ini juga mampu menggetarkan seluruh geliat aspek kehidupan masyarakat. Sehingga tak dapat dipungkiri, ritus inilah yang seringkali membuat kemacetan, kecelakaan lalu lintas hingga peningkatan tindak kriminalitas serta instabilitas ekonomi yang tercipta akibat kebutuhan masyarakat yang meningkat secara drastis.

Oleh karenanya, sebagai komitmen tugas dan kewajiban Polri dalam hal ini Polda Gorontalo, Kapolda Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, SIK,M.Si,MM segera mengambil langkah kongkrit dengan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Ketupat Otanaha 2022. Hal ini guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat Gorontalo merayakan Lebaran Idul Fitri 1443 H.

Dengan formasi sistem pengamanan yang masif, Kapolda Gorontalo kerahkan kurang lebih 1.935 personil yang terdiri dari TNI-Polri dan Instansi terkait. Personil tersebut terbagi di 32 Pos terdiri dari 19 pos pengamanan, 9 pos pelayanan serta 4 pos komando yang tersebar di seluruh Provinsi Gorontalo.

Menanggapi hal tersebut kepada awak Tribratanews, Wakil Gubernur Gorontalo Dr. Drs. H. Idris Rahim,MM mengutarakan kekagumannya terhadap Institusi Polda Gorontalo dengan memberikan apresisasi yang cukup tinggi karena telah melakukan langkah kongkrit demi terwujudnya Kamtibmas di daerah Serambi Madinah ini.

“Apel gelar pasukan ini, tentunya merupakan langkah antispasi agar dalam merayakan Idul Fitri dimasa Pandemi, benar benar masyarakat merasa tenang. Sehingganya saya memberikan apresiasi yang cukup tinggi kepada Polda Gorontalo dan jajarannya yang telah melakukan persiapan, kesiapan dan kesigapan untuk pengamanan hingga lebaran katupat nanti”, ujar orang nomor dua di jajaran pemerintah Provinsi Gorontalo itu.

Penulis : D01751

Editor : Jenry

Publish : Randi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x