28 Januari 2023

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Sambut Hari Raya Nyepi, Polres Boalemo Lakukan Pengamanan Upacara Melesti Umat Hindu

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id -Polda Gorontalo, Dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi, umat Hindu melakukan beberapa ritual sesuai dengan kepercayaannya antara lain ritual Melasti yaitu ritual ini biasanya dilakukan di sebuah sumber air yang dekat dengan Pura, tempat ibadah agama Hindu.

Adapun sumber air yang digunakan dari air laut dipercaya mampu mensucikan semua benda atau kotoran alam semesta lainnya. Sementara pada malam harinya digelar ritual Bhuta Yudna, yang bertujuan untuk menjaga keharmonisan antara manusia dengan alam.

Untuk itu guna memberi rasa aman dalam kegiatan umat Hindu, Polres Boalemo melalui Polsek Wonosari melakukan pengamanan ibadah Melasti di bendungan Desa Tanjung Harapan Kecamatan Wanosari Kabupaten Boalemo.

Pelaksanaan ibadah tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan serta pengamanan oleh personil Polsek Wanosari. Senin (28/02/2022).

Kapolre Boalemo melalui Kabagops Kompol Riki Risfiandi, S.Kom mengatakan, bahwa dalam perayaan upacara Melasti kali ini kami melibatkan personel Polsek Wanosari dengan pengamanan tertutup dan terbuka.

Selain pengamanan, juga dilaksanakan pengaturan lalulintas di jalan raya karena peserta dari beberapa perwakilan Kecamatan Umat Hindu, sebagai bentuk Pelayanan Kepolisian dalam hal ini diharapkan masyarakat yg melaksanakan upacara Melasti merasakan kenyamanan dan keamanan terjamin disepanjang tempat yang menjadi perayaan upacara Melesti,”ungkap Kompol Riki

Adapun salasatu anggota yang melakukan pengamanan yaitu Aipda Suwarno memberikan himbauan protokol kesehatan covid-19 dengan tetap memakai masker, menjaga jarak aman serta tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19 walau di Provinsi Gorontalo angka kenaikan covid-19 menurun.

”di Provinsi Gorontalo angka penyebaran covid-19 telah meredah. Tapi dengan adanya varian baru omicron kita tidak boleh lengah, dengan mengantisipasi penyebarannya kami dari pihak kepolisian membantu pemerintah untuk mengambil tindakan pencegahan dengan memberikan himbauan kepada Warga yang mengikuti prosesi upacara melasti agar selalu mengikuti protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19, sehingga tidak menimbulkan cluster baru,”imbau Aipda Suwarno

Penulis : Randi

Editor : Jenry

Publish : Randi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x